Your alt title

rioferi

Mencari Teman Instant

Apakah kalian tau norak level tertinggi yang pernah gue lakuin? Bersiaplah dengan jawaban ini sodara-sodara. Gue pernah ngirimin foto+biodata ke Majalah musik dan tabloid handphone. Jijik ya? sama gue juga. Jadi dulu gue ngelakuin ini (tolong muka gue gak usah diblur terus suara gak usah diberat2in kayak penjual bakso tikus) karena gue gak punya banyak temen. Lu tau kan SMA itu masa dimana nge-geng adalah puncak aktivitas tertinggi seorang murid mengalahkan keikutsertaan extrakulikuler? Nah masalahnya gue ini cupu gilak. Kalo di film-film nih, gue tipikal nerd yang saben hari ngobrolnya sama loker doang saking takutnya "berteman" dengan orang di sekeliling. 

Minder dan overthinking adalah sebabnya. Bukan minder karena gue bodoh dalam pendidikan. No. Masalah pendidikan, gue bisa dibilang lumayan. Tapi justru itu ngebuat gue jadi krisis identitas. Gue gak bisa jadi diri sendiri kalo ketemu orang, selalu ada other personality yang gue bawakan. Gue takut akan persepsi orang kalo tau aslinya gue kayak gimana. Gila, nyablak, out of the box, dsb. 

Selama itu, yang gue bawain adalah pribadi yang pendiem, nerd, smart guy yang kalo ditanya reaksi oksidasi, termokimia, konfigurasi ion, dll bisa jawab dengan mudah. Tapi pas ditanya sebutin 5 teman yang paling deket di SMA, gue bakal hening. Mungkin kalo gak ada minder dan overthinking, gue bisa lancar nyebutin namanya satu-satu. Tapi karena dibebani oleh 2 illness itu, Gue jadi mikir balik, 

"emang iya mereka temen gue?" 

"emang mereka juga ngenggep gue temen?"

"kan selama ini pribadi yang gue tunjukin ke mereka cuma 'branding', The one who not real me."

"Gimana kalo mereka tau aslinya gue yang tidak 'perfek' seperti yang mereka banyangkan?"

Nah berangkat dari semua insekuritas itu, gue nyari temen di luar sana yang memang gak tau gue sama sekali gue siapa, bentukannya gimana, anak siapa, suka makan apa. Pokoknya brand new friends dimana gue bisa memulai interaksi dengan menjadi diri gue sendiri. 

Jadilah gue "mengekspos" diri gue di 'social media' kala itu. Mungkin kalian ada yang nanya gimana kalo ada temen sekolah yang ngegepin gue kirim2 foto+biodata buat nyari temen? Tenang, kalo di majalah musik, modal gue cuma nick name sama nomor HP. Dan bentuk tampilan kalo sudah dimuat itu kayak tabel absensi tau gak si lu? yang ada kolom nama, nomor handphone, gitu. So kecil kemungkinan temen sekolah gue bakal ngeh keberadaan data gue di situ. kecuali mereka tipe yang juga mencari teman lewat buku lagu, terus mantengin listnya ampe juling dan akhirnya gak sengaja nemuin nomor gue. 


Nah kalo di tabloid yang khusus bahas handphone ini, gak banyak atau bahkan gak ada temen gue yang langganan. Baca tulisan pintu yang harusnya "dorong" aja mereka tarik, apalagi baca tabloid. Nunggu dora main series hidayah dulu baru mau. 

Singkatnya, udah dimuat lah ya foto sama biodata gue di tabloid hp, udah kayak buronan aja. Pun dengan nama+no hp gue di tabloid musik juga udah published. Pas gue liat foto gue sendiri, sumpah kayak ngerasa keren banget. Idung gue ampe kembang kempis ngebayangin abis ini diajak kenalan sama orang yang se-frekuensi, ngobrol terus. Nyambung. Ngerasa nyaman dan akhirnya kita menikah, punya anak, hidup menua bersama. Sungguh rencana yang amat sangat berlebihan lah bodat!. 

Gak berapa lama, mulailah banyak yang ngajak kenalan. Kebanyakan seumuran. Semuanya gue tanggepin. Seneng akhirnya gue punya banyak 'temen' yang bisa gue ajak komunikasi sebagai who I am. Tiap hari chattingan bahkan ada yang ajak telepon. Tapi lambat laun banyak yang gugur satu persatu karena lagi-lagi gak sefrekuensi jadi susah cari tema obrolan. Ada pula yang bertahan dan nyambung sampe tanggal tulisan ini terpublish. 

Gue belajar satu hal sih. Sesuatu yang didapet instant, bakal ilang juga dengan instant. Mungkin saatnya gue buka open diri. Mencari sosok yang cocok di dunia pertemenan sebagai who I am. Toh kalo gue fake, tar lama-lama juga bakal ilang orang-orangnya. So kenapa gak nyari yang original acceptance supaya lebih bisa maintenance hubungan. 

Posted on
Thursday, April 23
Filed under:

Subscribe
Follow responses trough RSS 2.0 feed.

No Comments Yet to “Mencari Teman Instant”