Your alt title

rioferi

Heboh Hari Kartini

Pasti pada kenal ama istilah "Habis Manis sepah dibuang" eh "Habis Gelap Terbitlah Terang", Maksudnya. Kenal kan? Kenal dimana coba? Haha. Betul sekali, itu adalah kata-kata dari R.A Kartini yang harum namanya (Jadi, namanya Kartini atau Harum?). Konon Kartini membawa secercah harapan bagi kaum perempuan. Semula hanya berkutat di dapur yang gelap, menuju halaman yang luas dan terang benderang. 21 April pada tiap tahun orang-orang Indonesia pada ngerayain hari ini sebagai hari Kartini. Yup, hari ini dipersembahkan untuk R.A Kartini yang udah memperjuangkan hak para wanita agar terakreditasi "disamakan" dengan pria.


Jaman sekarang, Wanita gak lagi dibawah ketek Laki-laki. Katanya sih begitu. Tapi barusan Gue lihat adek Gue lagi dikempit di ketek Bokap tuh. Haha. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk memperingati Hari Kartini. Bagi mereka yang 'merayakannya', biasanya sih pada bikin lomba yang katanya (lagi) bertemakan Kartini.

Gue jadi inget waktu Gue masih sekolah di SD, SMP, SMA *mendadak gambar jadi blur, kemudian ada bayangan masa lalu, tsah!*. Dulu waktu masih berseragam, sekolah Gue selalu ngadain acara peringatan hari Kartini. Ini acara yang gak pernah kelewatan tiap tahunnya. Semacam Agenda Tahunan. Entah kenapa OSIS demen banget bikin acara Peringatan Hari Kartini.

Jadi kalo diitung-itung, Gue udah 12 kali ngerayain Hari Kartini dalam hidup. Tapi ga pernah dapet apa-apa. Bravo!. Sekolah Gue pasti ngadain lomba-lomba buat memperingati hari Kartini. Kayak lomba baca puisi, lomba busana kartini, lomba masak, lomba nyanyi, ampe lomba pidato bahasa inggris (SMA). Kenapa gak ada Lomba tulis surat, ya? Secara Kartini kan memperjuangkan hak kebebasan perempuan lewat surat. Bisa aja bikin lomba surat kebebasan murid dari Penjajahan Ulangan Harian misalnya. Lebih afdol!

Di acara Peringatan Hari Kartini, semua siswa cewek diwajibkan memakai kebaya lengkap (Bukan, bukan pake telor. Tapi maksud Gue lengkap ama konde dan segala macam tetek bengeknya). Kalo udah hari-H, Mendadak sekolah jadi penuh dengan wanita-wanita berkonde dan bermake-up tebal. Setebal kulit Badak ujung kulon. Katanya sih Kartini Modern, jadi perlu menyesuaikan Jaman. Makanya perlengkapan yang dipakaipun juga harus beda dengan jaman Kartini dulu. Iya juga sih, tapi gak gitu-gitu juga kali. Ada beberapa benda yang sering digunakan tatkala Peringatan Hari Kartini. Ini dia liputan bodor Gue :

Kebaya
Ini adalah hal pertama yang perlu diperhatikan. Judulnya kan busana kartini, mestinya biasa ajakan? Tapi gak begitu dengan temen-temen Gue. Kebaya yang mereka pilih lebih cenderung ke kain yang ditempelin kunang-kunang. Menyala-nyala. Gue yakin kalo mereka pergi ke diskotik, Mereka akan digantung di tengah-tengah lantai dansa. Yah, Kalo bisa sih, jangan silau-silau banget lah kebayanya. Yang biasa aja. Toh Kartini juga gak pake broklat kan?

Sanggul a.k.a konde 
Gak kalah sama kebayanya, sanggul yang dipake mereka juga sanggul yang udah mengalami modernisasi. Sanggulnya gede-gede, kalah deh otot Ade Rai juga. Mungkin semakin besar konde yang dipakai, menandakan besarnya kapasitas otak yang mereka punya. Jadi semacam tempat menyimpan otak yang tercecer. Hiii... Atau mungkin konde itu adalah senjata rahasia yang akan digunakan sebagai bumerang saat dirinya dinyatakan kalah lomba busana oleh Juri. Puas kali ya ngelempar Juri pake Konde.

Tapi kadang gedenya sanggul gak dibarengi dengan ramainya hiasan sanggul. Paling mentok sih tusuk konde. Tusuk konde yang biasa, bukan yang bertuah. Kalo mau rame, sekalian diramein dong. Kasih payet kek sanggulnya, atau lasih gantungan kunci, renda-renda atau apa gitu.

Sepatu 
Sebenernya, kalo pake kebaya dengan kain yang dililit begitu sempit, lebih enak pake sendal selop atau sekalian sendal jepit swallow. Tapi karena gengsinya udah ada di atas garis Over dosis, jadi mereka pada berbondong-bondong make sepatu hak tinggi. Resiko yang ditanggung? jalan jadi gak enak, miring kanan, kiri, belakang, depan, atas, dan bawah, Amboy!. Bagus lagi kalo misalnya kartinian tapi pake sepatu bola. Wah, langsung ikut lomba sepak konde, kereeen thu... kick your konde gals!! *ups*

Aksesori yang lain 
Aksesori disini kayak tusuk konde, tusuk sate, tusuk jelangkung, anting, giwang, gelang, kalung, tas kecil, kipas, selendang, bunga, bross, celemek, ampe bambu runcing. Bukan cuma temen-temen Gue aja yang pada ribet kalo Hari Kartini udah dateng. nyokap Gue juga. Malahan, nyokap lebih parah, bergabung bersama genk ibu-ibu istri manager dan staff karyawan, membuat hari kartini semakin riweh. Kalo udah Kartinian, nyokap pasti kebakaran jenggot (walaupun gak punya jenggot). Kudu mesti harus wajib beli kebaya baru. Soalnya, kata nyokap, malu kalo pake kebaya yang sama. Begitulah ibu-ibu. Gue pasti kena imbasnya. Gue yang musti nganterin nyokap belanja kebaya.

Nganterin nyokap belanja kebaya itu gak semudah membalikan telapak kaki. Selera nyokap tinggi-tinggi sekali. Suka heboh sendiri kalo udah milih kebaya. Pencarian Kebaya memakan waktu lama soalnya Nyokap pasti mengunjungi semua Toko kain yang dia kenal. Cari yang terbaik katanya. Pencarian ini selalu berakhir sama. Pasti kembali ke salah satu toko yang udah di datengin. Itu juga kalo gak lupa toko yang mana yang kebayanya dia taksir sebelumnya.

Di hari H perayaan hari kartini, Nyokap & The genk biasanya dateng ke rumah salah satu temennya dan disana mereka udah mendatangkan penata rias yang termasuk golongan amphibi "lelaki cantik". Ibu-ibu ini bakalan dandan heboh buat perayaan hari kartini, saling pamer kebaya dan gak pernah pamer suami. sementara anak-anak mereka, hanya bisa menunggu di luar sambil menangis ngeliat tingkah nyokap masing-masing.

Gue pernah tanya sama salah satu temen yang juga lagi nungguin Nyokapnya, "Apa nyokap2 kita ini bener-bener memaknai hari Kartini?". Dan temen Gue ngejawab, "Entahlah.. Tapi mungkin ini cara mereka". Ternyata ribet kan make ini itu? Apa cuma begitu cara kita memaknai Hari Kartini? apa cuma dengan begitu kita mengenang jasa R.A Kartini?

Mungkin harus ada sosok Kartini Modern yang bisa memperjuangkan kembali hak si Kartini. Ubah pola pikir bahwa perayaan semacam itu justru mengurangi esensi perjuangan Kartini. Bagaimana kalo misalnya sebenernya Kartini gak pengen namanya dicatut untuk Hari Libur Nasional dan Hari-nya justru dirayakan dengan demikian? Kenapa Kartini gak mau? Jelaslah, Dia kan berjuang untuk kesetaraan Perempuan dengan Laki-laki. Tapi dengan membuat Hari khusus untuk Kartini, justru itu tidak menyetarakan dia dengan wanita lainnya. Iya kan? Kenapa cuma Kartini yang dibuatkan Hari khusus? Kenapa gak ada Hari Cut Nyak Dien misalnya? Harusnya semua Perempuan pejuang dibuatkan hari khusus dan dijadikan hari libur Nasional biar adil. Lumayan kan kita bisa nambah hari libur? Haha.

Udah ah., Gue mau B.A.B dulu.
SELAMAT HARI KARTINI,
SALAM PRAMUKA!!!

Posted on
Wednesday, April 22
Filed under:
Subscribe
Follow responses trough RSS 2.0 feed.

No Comments Yet to “Heboh Hari Kartini”