Your alt title

rioferi

Agen Perubahan baru : Tukang parkir

Kemaren siang, ngepas banget isi dompet gue sepi banget. Penghuninya cuma Kapiten Pattimura. Gak ada Soekarno-Hatta, I Gusti Ngurah Rai, Otto Iskandar Muda, bahkan Pangeran Antasari pun udah check out. Kalo udah kayak gini, memang sudah wayahnya untuk ngoret-ngoret saldo tabungan di ATM terdekat. Tapi yang paling bikin gue ogah ke ATM siang-siang adalah ada tukang parkir yang jaga di ATM depan kampus. Secara ATM depan kampus masih jadi ATM paling deket untuk saat ini. Meskipun gue bilang deket, tetep aje harus naik motor kesananya, masih keitung pingsan kalo maksa jalan kaki ke sana.

Memang sih bayarnya cuma seribu rupiah. Tapi kalo dipikir-pikir lagi, gue ke mall aja, seribu rupiah gue bisa pake buat biaya parkir satu jam, lha ini, timbang aktivitas singkat ngambil duit yang gak nyampe semenit, keitung sama. Gue merasa dunia tidak adil. Seharusnya gue cuma harus bayar 200 perak. Mayan buat beli sate, bisa dapet bumbu kacangnya satu sendok teh.

Gue putusin untuk ke ATM sore hari. Biar agak teduh, gue suka dimarahin ibu kalo kulit gue item. Haha.

Sampe di ATM, Gue udah disambut sama…. Tukang parkir. Sementara udah banyak orang juga yang antre di depan bilik ATM. Gue ikut juga ikutan antre. Tau gak? Meskipun cara antrenya bukan dalam barisan segimana layaknya antre pada umumnya, tapi tetep tertib lho. Pokoknya, siapa yang datang duluan, dia yang masuk duluan. Walaupun lu antre di bawah pohon, duduk di trotoar, kalo emang giliran lu untuk masuk ATM, akan ada yang ngingetin dan mempersilahkan untuk segera masuk atm. Salut deh Gue sama pengguna ATM disini.

Giliran gue sebentar lagi masuk ATM. Sebelum itu, gue memperhatikan ada sesuatu yang gak biasa. Kalo biasanya tukang parkir ATM cuma sebagai penghias ATM yang hanya nanya arah kemana kita pergi lantas minta uang parkir, kai ini beda. Dia (tukang parkir-red) selalu ngomong setiap pengguna atm yang baru keluar dari bilik atm. Gue gak bisa denger apa yang mereka bicarakan. Awalnya gue menduga itu cuma basa-basi pak parkir doang, jadi gue biarkan dan kembali duduk jongkok depan atm sembari menadahkan tangan. Cih, gembel banget gue!

Selesai ambil duit yang cuma segitu-gitunya, gue balik ke motor gue. Disana si pak parkir udah nungguin. Gue heran deh, kenapa tukang parkir yang gue temuin, selalu apal motor apa yang gue pake. Sering nih ya, kalo gue habis dari mana gitu, yang ada jasa parkir ‘orange’nya, baru juga gue keluar dari main door dan belum nginjek tanah tempat parkir, tu tukang parkir udah ngeluarin motor gue sesuai arah gue datang tadi. Gue curiga jangan-jangan mereka telah menanamkan chip kedalam tubuh seseorang untuk mengidentifikasi motor dan pemiliknya supaya gak tertukar. Aah!! Sudaaahlaaah!!

Sampe di tempat motor, baru juga mau ngangkang naikin motor, si pak parkir ngajakin ngomong.

Kang Parkir : “mas, nanti kalo kartu atmnya tertelan, terus disuruh pencet tombol, jangan dipencet ya mas. Kalo dipencet, nanti uang tabungan sampean ludes semua..”

Gue : “iya gitu pak? Wah, gawat tuh..”

Kang Parkir : “iya mas, lapor sama petugas atau call center resmi aja langsung kalo kejadian”

Gue : “emang udah pernah kejadian pak disini?”

Kang Parkir : “disini sih belum, tapi di atm SPBU pernah. 8juta ilang!” *mata bapaknya melotot*

Gue : “ooh.. Iya deh pak, makasih ya pak”

Ternyata pak parkir satu ini punya tugas lain sebagai penghimbau. Salut deh pak. Kao gini kan, ngerasa ada gunanya ngeluarin duit seribu rupiah (ya ela yoo..). Kalo dilihat-lihat, karena si bapak ini kasih himbauan ke semua pengunjung yang telah keluar dari atm, membuktikan bahwa si bapak gak peduli nantinya mau dicuekin atau mau didengerin atau bahkan diremehin. Hal yang penting baginya adalah menyampaikan sesuatu yang ia tau. Entah itu karena ia diamanahi oleh petugas bank/aparat yang bertugas mengisi gepokan duit di mesin atm atau karena ia pernah mendengar/menyaksikan sendiri modus kejahatan dengan memanfaatkan atm yang tertelan (ini bukan judul sinetron atau ftv ya..) Jadi dia merasa terpanggil untuk melakukan tindakan pencegahan dengan menghimbau pengguna atm. 

Bagus deh Pak, jadi bapak juga bisa berperan sebagai Agen perubahan. Sedikit banyak informasi dari bapak bikin kita waspada dengan kejahatan sekecil apapun. Jangan kayak oknum Kang parkir Minimarket yang wujudnya muncul pas orang kelar belanja doang. 


Gue sempet beberapa kali nyeritain soal tukang parkir. Dan semuanya bikin gue senyum. 


Bye 
-rioferi-

Posted on
Wednesday, May 22
Filed under:
Subscribe
Follow responses trough RSS 2.0 feed.

No Comments Yet to “Agen Perubahan baru : Tukang parkir”