Your alt title

rioferi

Tanda-tanda Ramadhan datang


Gak kerasa sebentar lagi bulan puasa bakal menyapa kita semua (Aamiin, InsyAlloh..). Ramadhan merupakan bulan istimewa yang secara pribadi gue yakini sebagai bulan seribu bulan. Bulan dimana orang-orang pada lebih getol beribadah, Semoga aja pas ramadhannya rampung, terus jadi malas-malasan lagi. Jadi semacam hanya sebatas ritual saja. Semoga tidak berlaku untuk kita semua, ya. 

Setiap Ramadhan datang, pasti ada sesuatu yang menjadi indikator yang mengiringi kehadirannya. Di Indonesia sendiri punya berbagai macam cara unik untuk menyambut bulan suci ini. Ada yang padhusan, munggahan, melakukan kegiatan ini dan itu. Tapi ada beberapa peristiwa unik yang jadi ciri khas datangnya bulan Ramadhan di Indonesia. Seperti apa itu? Berikut liputannya. 

Artis perempuan Rame-rame Pake Jilbab 

Hampir setiap bulan Ramadhan datang, banyak artis yang mendadak berjilbab. Katanya sih untuk menghormati bulan Ramadhan. Nah kalo sudah begitu, heboh deh di infotainment. Foto berjilbabnya juga kadang di upload di instagram, dijadiin poto profil social media lainnya. Ada pula yang memang meniatkan memakai jilbab dan waktunya bertepatan dengan bulan Ramadhan. Mending lah, asal pake jilbab bukan lantaran pengen dapet kerjaan aja di bulan ramadhan. Hehe. Ups. 

Sinetron Religi Dimana-mana 

Khusus bulan Ramadhan, sinetronnya pun harus bertemakan religi. Pemeran utamanya santun banget, sementara jodohnya awur-awuran tapi nantinya bakalan tobat karena jatuh cinta. Pret ah!. Ngomongin soal sinetron religi, pasti pada tahu soal penjual bubur pergi haji, kan? Badewe, itu jalan ceritanya kok udah gak sinkron sama judulnya ya?. Eh, Nikita Willy sama Asmirandah main sinetron religi ga ya tahun ini? Emak ijah udah naik haji? Atau malah ganti arah naik gunung bareng anak Mapala?

Iklan Bertemakan Sahur dan Buka Puasa Bermunculan 

Produk yang pasti bikin iklan pake tema ini adalah operator, makanan dan minuman. Pasti itu. Iklan operator bakal nawarin paket Ramadhan, paket sahur dengan segala iming-iming bonusnya. Misalnya aja nelpon gratis 2 menit menjelang imsak. Iklan mie instan juga biasanya bikin iklan tuh, dari buka puasa sampe sahur, disuruhnya kita makan mie. Lebaran kagak, masuk ICU iya lantaran usus lengket. Iklan yang lebih kampret adalah iklan sirup pada siang hari. Mana tampilannya itu sirup dituang ke es batu nyucur-nyucur deres. Ini yang bikin iklan, setan kali ya?

Eits yang gak boleh ketinggalan adalah iklan satu produk ini. Iklan yang selalu dinanti ibu-ibu dan menjadi penanda UTAMA datangnya bulan Ramadhan. DUDE HERLINO muncul di iklan Promag. Udah deh, itu pasti tanda kalo ramadhan bentar lagi datang. 

Supermarket udah Ready nyambut ramadhan

Biar kata ramadhan masih dua bulan lagi, tapi Supermarket udah siap dengan promo ramadhannya. Mulai dari pajang kaleng biskuit ditumpuk di arah pintu masuk, banyak pajang parcel ready to sell, pasang hiasan onta, bedug, piramida, pokoknya ala-ala arab gitu lah, dan gak lupa, mereka udah mulai jualan Korma. Udah deh. Ramadhan tiba bentar lagi cuy!

Penyanyi Solo dan Band Bikin Album/Single Religi 

Mungkin karena momentumnya Ramadhan dan dirasa gak sopan kalo setel musik judulnya brondong tua, hamil duluan, atau lagu-lagu yang temaya cinta-cintaan. Jadi bikinlah mereka album/single religi biar tetep diundang ke acara music pagi. Oh ya, ada penyanyi yang selalu bikin album hanya pada saat Ramadhan. Mas opik. Mas opiik!! Kali ini lagunya judulnya apa? 

Pedagang Makanan Mendadak banyak 

Liat deh sepanjang jalan kalo pas bulan puasa, semuanya jualan takjil kalo sore hari. Mungkin pada side job. Pagi sampe siang kerja kantoran, sorenya dagang takjil. Apalagi kalo deket kampus tuh, sasarannya anak-anak kos. Dari ujung ke ujung, takjil semua isinya. Ada juga yang punya usaha rumah makan, karena siangnya tutup, maka dia buka rumah makan dari maghrib sampe sahur. 

Harga-harga Naik 

Ini salah satu indikator datangnya bulan Ramadhan. Sebelum info resminya turun, pedagang udah pada naikin harga jualannya. Alasannya bentar lagi pemerintah naikin harga atau barangnya udah susah dicari. Biasa lah, kalo harga naik, cepet banget update info dan lantas naikin harga. Kalo harga lagi turun, bilangnya “masa? Kok belum denger ya?”. Kamfret lah. 

Banjir Diskon 

Nah, sementara harga bahan pokok (takjil included), banyak pusat perbelanjaan yang justru bikin diskon besar-besaran. Bahkan sampe diiklanin di televisi. Produknya gak jauh-jauh deh dari busana muslim. Tapi ada juga yang justru naikin harga, kayak di tenabang tuh, lantaran banyak ibu-ibu yang pengen beli kaftan/mukena baru, harganya jadi melambung tinggi. Tunggu deh berita di televisi tentang omset pedagang ala tenabang. 

Rame bahas ‘Kapan 1 Ramadhan?’ 

Sudah beberapa tahun belakangan ini, perbedaan penetapan tanggal 1 Ramadhan sering terjadi di indonesia. "Yo, Lu 1 Ramadhannya ikut siapa?" itu hampir jadi pertanyaan yang paling sering ditanyain ke gue sama temen-temen. Gue sih percaya kalo orang punya hak dia mau ikut 1 Ramadhan versi siapa. Yang paling sebel adalah nyokap gue, kalo ditanya "Ikut ramadhan versi siapa? Pemerintah atau ..." jawaban emak gue adalah "ikut yang puasanya belakangan tapi lebarannya duluan. Buju Buneng. 

Lagu Tompi disetel every corner of the world

Dimanapun dan kapanpun, lagu Tompi yang "Ramadhan datang" jadi Playlist wajib nomer wahid.  

Model Busana Muslimah ala Mbak Cetar 

Pasti deh ada infotanment yang nanyain mbak cetar, “ramadhan kali ini mau bikin model baju seperti apa?”. Racun banget gak sih? Setelah mbak cetar ngejelasin baju model apa yang bakal dia pake untuk ramadhan. Itu tenabang sampe yang bisnis online shop bakalan jual model baju kayak gitu. “dijual kaftan swarovski timbuktu ala mbak cetar. Buruan sis, di order sis”. 

Tawaran Kue Kering & Tupperware

Deket sama ramadhan, banyak banget temen gue, penggiat online shop pada gandrung nawarin kue kering via line, bbm, dan facebook. Padahal di luar bulan ramadhan, onlne shop dia jualan sticker dinding.

Iklan Marjan, Blueband, Matahari ama Promag gencar di TV

Dahlah, kalo iklan-iklan itu udah sering nongol di TV, udah bisa dipastikan Ramadhan dateng dalam itungan hari. Belom lagi iklan wadimor sama indomie.  

Nah, itulah ciri-ciri unik tentang datangnya Ramadhan di indonesia. Dari dulu, begitu-begitu aja. Gak berubah-ubah. Oh, ya. Di TV juga bakal rame pengajian-pengajian. Jadi jangan bosen sama kata-kata “jamaaaaaah!! Ooo jamaaaaaaahhhh.. Alhamduuuuuu….lillllaaaaaah..” 

Bye 

Posted on
Tuesday, June 25
Filed under:
Subscribe
Follow responses trough RSS 2.0 feed.

4 Comments to “Tanda-tanda Ramadhan datang”


haha. part 2 nya bikin ngakak. bener bgt

Silvy

Terima kasih komentarnya :)

Emmm, kalo aku tetep suka semua karena Ramadan bangeeettt. Nggak ada itu semua, ilang suasana Ramadannya :p

Bayangkan kalau semua itu ilang. Hehehehe..

OK coba dibayangkan *tiba-tiba gambar jadi blur dan muncul gambaran yang dibayangkan*

Sudah dibayangkan dan kalo ternyata kalo semua itu tidak ada, bagai taman takberbunga :)
Terima kasih komentarnya