Your alt title

rioferi

Berhutanglah Sebelum Dilarang

Punya temen baik yang saldo tabungannya di bank melebihi saldo lintah darat kelas internasional itu amat sangat menyenangkan. Gimana enggak? Gue bisa pergi kemanapun tanpa bawa duit sepeserpun. Gue tinggal bilang “pake duit lu dulu ya?” atau “bayarin dulu deh, ntar gue ganti” kalo lagi makan atau beli sesuatu. Hina? Gue gak ngerasa hina. Hina itu kalo kita pinjem duit tapi nunggu sampe ahmad albar rebonding rambut baru kita bayar, nah, itu hina. Banget! Kelemahan Gue cuma satu nih, Gue itu pelupa akut. Baik urusan sepele, apalagi urusan utang. Haha. Untungnya temen-temen Gue yang demen Gue utangin selalu ngingetin dengan caranya yang “alus”. 

Temen : Kemaren gue beli makan perasaan lauk ayam doang, kok bisa bayar sampe 23 ribu ya? 

Gue : (sigh) iya, kan yang 11rebu itu gue minjem.. 

Or 

Temen : Gue kan kemaren makan di food court nih, masa Gue pesennya mie bakso tahu, tapi kok ada yang nganterin mie kaki naga ya? 

Gue : iya. Itu Gue yang pesen. Belum Gue ganti ya? Berapa? 

Or 

Temen : (sok-sokan tepok jidat) duh, gak ada duit pas nih.. Lu ada gak yo? Pinjem dulu doong.. 

Gue : Ada, nih, (sodorin duit) ini juga nih (sodorin duit lagi) buat bayar utang yang kemaren.. 

Nah gitu! Gue gak pernah pundung, marah atau malah tersinggung dengan ‘tagihan halus’ temen Gue, justru ber-matur-tengkyu kalo diingetin. Itu hak si piutang untuk mengingatkan si pengutang untuk membayar utangnya. Yah, kalo misalnya dikasih tempo mah, diusahakan secepatnya dicarikan biayanya. Kalo diikhlasin, lebih bagus lagi. Sujud sukur. 

Gue sih bukannya mau jadi tuman untuk utang. Sebenernya Gue agak risih kalo pinjem duit meskipun cuma buat bayar permen kojek sebiji. Tapi ya itu, Gue terlalu beruntung punya temen yang selau nyerobot antrean untuk sekedar bilang “udah, sama Gue dulu aja..”. Meskipun ujung-ujungnya ditagih, Gue tetep ngerasa beruntung punya temen-temen kayak mereka. Cuma sama mereka ini Gue bisa beli burger keju tumpuk tiga yang bayarnya bisa diangsur selama seminggu meskipun tempo memakannya hanya dalam itungan menit. Haha. 

Kata Ibu, ngutang sih boleh aja asal kepepet dan cepet dibayar. Nah dengan sistem mengingat otak Gue yang kayak kakek-kakek tua amnesia, maka sistem ngutang gue pun harus selalu diingatkan oleh si piutang. Takutnya kalo kelupaan, jadi numpuk. Terus Gue bayar pake apaan? Daon? Emang Gue kunti?! 

Palingan Gue baru bisa bayar waktu ikutan program TV yang Gue dikasih segepok sepuluh juta dan harus habis dalam 30 menit. Wah itu mah dua menit juga ludes, langsung aja kasih ke temen Gue dan bilang “Alhamdulillah dapet rejeki, bisa buat bayar utang ke elu yang kemaren. Sisanya buat Gue invest utang ke elu ya? Jadi besok-besok kalo Gue utang, potong aja dari duit ini!”. 

Eh, tapi gak jarang, sering malah, Gue bebas dari bayar hutang. Begitu dia nagih utang secara halus, terus Gue keluarin dompet (sambil berlinangan air mata), eh dia langsung bilang “Gak usah yo.. anggap aja traktiran”. Wooo… langsung sujud sukur plus nangis ngosek-ngosek tanah saking terharunya. Apalagi kalo nominalnya udah diambang batas utang normal. Haha, tumpengan Gua! 

Ps : Temen-temen yang Gue maksud diatas ada banyak, tapi yang paling seriiiiiiiiiiiing Gue utangin punya inisial dua-duanya P. Mau Gue sebut Mr.P kok lidah Gue kelu ya nyebutnya. Haha. Thanks Guys! Kangen deh sama (utangan) Kalian. Jangan khawatir, budaya utang masih Gue berdayain kok di sini. 


Moral of the story adalah hukum membayar hutang itu adalah wajib kifayah. Kewajiban itu akan gugur ketika seseorang terlebih dulu membayarkannya untukmu.

Posted on
Sunday, November 3
Filed under:
Subscribe
Follow responses trough RSS 2.0 feed.

No Comments Yet to “Berhutanglah Sebelum Dilarang”