Your alt title

rioferi

Enjoyable Flight wth Garuda Indonesia

Different Airline, Different treatment

Mungkin Judul diatas cocok banget kalo gue angkat sebagai judul postingan kali ini yang mau bahas soal how excellent Garuda Indonesia services are. Sebagai manusia bumi yang ditakdirkan jalan kaki, gue gak terlalu sering bepergian menggunakan pesawat terbang. That’s why sangatlah normal kalo sekalinya gue bepergian menggunakan pesawat, Gue pengen yang worth it. Tau sendiri kalo misalnya sudah memutuskan untuk menggunakan pesawat terbang untuk bepergian, artinya jarak yang ditempuh bukannya dekat. Makanya untuk urusan pilih maskapai penerbangan, gue gak mau main-main. 

Jam terbang gue dalam menggunakan pesawat terbang memang gak tinggi banget kalo dibandingkan Pilot (ya iyalah, mereka terbang tiap hari kali, yooo!!). Tapi biar gitu, hampir semua maskapai penerbangan pernah gue jajal. Dari yang pramugarinya pake rok pendek, celana panjang, rok panjang dengan belahan rok yang sampe pinggang (hahaha!) udah gue cobain semua. Maksudnya nyobain naik pesawatnya ya, bukan nyobain.. ah sudah lah. 

Garuda Indonesia adalah salah satu Maskapai Penerbangan besar di Indonesia. Bahkan Maskapai ini udah gabung sama gengnya SKY TEAM. So damn keren banget! Kalo dihitung-hitung pake jari tangan, gue baru beberapa kali terbang bersama Maskapai ini. Mungkin baru dua sampai tiga kali doang gue terbang pake Pesawat dengan logo garuda biru ini. Tapi semuanya berkesan. Mari simak cerita gue terbang bersama Garuda Indonesia

Pengalaman pertama gue bareng Garuda Indonesia adalah saat gue masih jadi salah satu makhluk bernama Mahasiswa. Ceritanya gue lagi liburan ke Pontianak, Kalimantan Barat. Perginya dari Jogja sih gue naiknya maskapai lain. Nah, sontoloyonya, gue cuma beli tiket perginya doang tanpa beli tiket baliknya ke Jogja. Mungkin waktu itu gue pikir, pulang ke Jogja dari Pontianak bisa gue tempuh dengan naik Banteng terbang. Dasar dodol! 

Jadilah gue di detik-detik akhir masa liburan, sibuk cari tiket. Daripada cari tiket di website, gue milih langsung keliling kota Pontianak untuk datengin satu-satu ticket counter semua maskapai. Singkat cerita, ticket counter Garuda Indonesia adalah tujuan akhir gue. Ini diakibatkan oleh rumor ‘tiket garuda itu mahal’. Apa daya, tiket di semua maskapai udah ludes des. Makanya gue beranikan diri untuk melangkah masuk ke ticket counter Garuda Indonesia

Gak lama nunggu, gue langsung ngadep ticketing officer-nya yang aduhai manis banget. Pasti barusan mbaknya mandi pake kolak. OK balik ke cerita. Sebagai calon penumpang yang hopeless kehabisan ticket pulang ke kampung halaman, pastinya gue akan sangat berjibaku untuk memperoleh tiket. Oleh sebab itu, gue waktu itu amatlah cerewet. Gimana caranya Garuda Indonesia harus bisa mulangin gue ke Jogja. Mau itu penerbagangan langsung kek, transit di Jakarta kek, bahkan kalopun harus transit di Angola atau Guantanamo sekalipun juga hayok dah. Yang penting gue pulang. Ticketing officernya sungguh sangat ngerti keadaan gue. Gak ada perbedaan perlakuan meskipun gue cuma pake kaos oblong dan sandal swallow sedangkan bapak-bapak sebelum gue pake jas mentereng. Dengan sangat telaten dan selalu tersenyum, dia berusaha menemukan tiket pulang untuk gue. Akhirnya si doi (cieeeh) berhasil nemuin satu tiket terakhir untuk rute Pontianak-Jogjakarta buat kepulangan gue. Satu tiket executive class untuk Pontianak-Jakarta dan economic class untuk Jakarta-Jogjakarta. ‘pasti mahal nih harganya’ pikir gue saat itu. Bener aja, total harganya Rp 1.200.000,-. Buju buneng. Bagai buah simalakama, dibayar gue jenggotan gak dibayar bulu ketek gondrong. Akhirnya kita deal. Ticketing officernya lantas pinjem ID card gue untuk proses pembuatan tiket. Status yang tercantum di ID card gue tentunya adalah “MAHASISWA”. Rejeki emang gak kemana. Lantaran status gue di ID card, gue jadi dapet potongan harga yang hampir 50%. Bayar setengah harga itu so awesome!! Saking bahagianya dapet diskon, sempet mikir untuk peluk ticketing officernya. Tapi gue urungkan. Belum muhrim. Uhuk. 

Tuh! Tiket Pesawat Murah itu bukan hanya milik maskapai itu tuh, tapi Tiket Pesawat Murah juga ada di Garuda Indonesia. Bayangin aja pelayanan sekelas Garuda Indonesia bisa kalian dapatkan dengan harga yang amat terjangkau. Ibarat beli apartemen dengan harga tanah kubur, hahaha. Kuncinya satu, hunt it

Masih inget gue dapet tiket kelas apa untuk transit ke Jakarta? Yup! Executive class. Jangan tanya apa yang bisa gue dapatkan di penerbangan kelas atas ini. Jarak kursi lebih leluasa. Rasanya pengen selonjoran aja selama penerbangan. Treatments tambahan seperti handuk panas pun gue nikmati dengan asoy untuk kucek-kucek muka yang udah kusut banget. Makanannya pun enak. Mau tambah minum sampe kembung juga boleh. Duh gue seakan ngerasain hidup enak meskipun untuk beberapa saat. Kasihan banget ya gue? Segitu menderitanya, sampe dapet treatment kayak gitu aja udah ngerasa orang terkaya di dunia. Mungkin beberapa dari kalian punya pendapat “ya pantes pelayanannya kayak gitu, kelas eksekutif sih..”. Hei! di kelas ekonomi gue juga gak ditelantarin kali. Tetep nyaman dan aman. Meskipun gak dapat handuk panas, yang penting boleh tambah minum sepuasnya. Haha. Tetep!


Bulan Agustus kemaren, gue dapet kesempatan emas lagi untuk terbang bersama Garuda Indonesia. Kali ini dari Balikpapan ke Jogja. Belajar dari masa lalu, gue udah beli tiket untuk Pergi-Pulang. Semuanya berjalan lancar dan normal. Nothing to tell, lah. Sampai saat gue mau check in. Actually, bisa aja sehari sebelumnya gue city check in di Garuda Balikpapan. Tapi karena gak keburu, akhirnya gue check in di Bandara pada hari keberangkatan. Lu Tau gak? belum juga gue sampe di check in counter Garuda Balikpapan, gue udah disambut sama dua orang berpakaian ala cabin crew yang menyapa, mempersilahkan serta menunjukkan ke gue dimana check-in counter Garuda Balikpapan. Memang sih sebenernya check in counter-nya juga keliatan kok dari pintu masuk. Tapi justru ini jadi brilliant idea yang membedakan bagaimana Garuda Balikpapan khususnya dengan maskapai lain yang kalo mau ke counter check in-nya aja nanya dulu ke petugas security :).

Cerita selanjutnya, pas gue mau turun dari pesawat. As usual, ada dua Pramugari yang akan say ‘see you dan thanks’ di dekat pintu keluar. Tau gak yang bikin gue lebih jatuh cinta ke Garuda Indonesia? Dua Pramugari Garuda Indonesia itu kasih salam hangat sambil bilang 

“Terima kasih telah terbang bersama kami, hati-hati di jalan, kakak”. 

Iya, lu gak salah baca. Gue memang dipanggil Kakak! Hahaha. Padahal kalo di Bank, gue dipanggil ‘Bapak’. Dih!



Semua excellent services yang gue alami di atas itu semuanya remeh. Tapi justru yang seperti itu yang berkesan. Kalo yang remeh aja berkesan, apa kabar service yang lebih wah ya? 

Garuda Indonesia has both excellent Services (included low price) and Cabin crews. Kalo aja ada produser Televisi yang mau bikinin Garuda Indonesia Cabin Crew satu sinetron, mungkin judulnya bakal “Ganteng-ganteng Pramugara dan Cantik-cantik Pramugari”. Hehehe. 

Pengalaman gue bareng Garuda Indonesia memang gak sampe diliput oleh stasiun TV. Soalnya dengan treatment kayak gitu, mana mungkin gue bakal berbuat kasar ke cabin crew-nya? Tampar mereka pake Koran? No way. Meskipun begitu, kalo ada puluhan juta orang yang bilang bahwa Garuda Indonesia adalah Maskapai Terbaik Indonesia, maka gue adalah salah satunya.

Posted on
Thursday, November 6
Filed under:

Subscribe
Follow responses trough RSS 2.0 feed.

2 Comments to “Enjoyable Flight wth Garuda Indonesia”


Memang wow ya pelayanan Garuda Indonesia. Salut untuk mereka.

Yup, dan kesannya naturally. Gak dibuat-buat. Trims sudah mampir :)