Your alt title

rioferi

Miss Cianjur Wedding day

Kata orang, cewek sama cowok itu gak ada yang pure sahabatan. Pasti di antara salah satu atau keduanya memendam rasa suka. Buat penemu teori ini, gue kasih tau ya, lu kayaknya kebanyakan dicekokin adegan menye-menye FTV S*TV. Lu musti paham, persahabatan cewek ama cowok itu latar belakangnya unik. Gak seperti kenalan orang pada umumnya yang salaman, ucapin nama kemudian akrab. NO! sekali lagi gue tegesin, NO. 

Persahabatan cewek cowok yang dijalin ketika mereka pas udah gede (bukan yang udah temenan dari masih belom putus sama ari-ari ya) chemistrynya lebih kuat karena udah bisa deteksi dini ni orang deket sama kita punya maksud dan tujuan tertentu gak? pas udah deket, sikapnya ke kita gimana? berani gak dia marahin kita kalo salah? Orang yang punya "love reason" pas sahabatan sama lawan jenis, cenderung takut kehilangan kalo coba-coba marahin ketika sahabatnya salah. dan cenderung jaim. 

Gue dan sahabat gue ini, ENGGAK ada secuil pun rasa JAIM diantara kami. 10,000,000% guaranteed! 

most of sahabat gue sekarang ini punya history track benang merah yang sama. Gue cap sebagai orang sombong pada kesan pertama. Actually gue adalah orang dengan pergaulan amat sempit. Sempit banget malahan. Temen gue gak terlalu banyak, apalagi sahabat. Yang banyak itu fans. 

Kalo bicara masalah sombong, lu harus ketemu ratunya. Namanya gue samarkan menjadi inem. Inem ini adalah temen satu kampus. Satu fakultas. Satu program studi. dan Satu kelas. seperti yang gue bilang tadi, sebagai mahasiswa baru, gue sudah sepatutnya untuk mulai kenalan dengan orang-orang baru biar nanti gampang kalo minta contekan pas ujian. Hahaha. Gak ding, maksudnya biar bisa berbaur, gitu. Nah dalam memilih kenalan, gue juga pilih-pilih yang bisa menguuntungkan (dasar gembel! Gak mau rugi). Maksudnya pilih-pilih bukan pilih yang kaya gitu, bukan. Yah tau sendiri kan pergaulan di kota besar kayak gimana? So musti think cook cook (pikir masak-masak-red) dalam memilih teman. 

Sebagai orang yang mendewakan kualitas daripada kualitas, gue gak pernah punya masalah dengan jumlah. Sejak awal kuliah gue udah coba untuk filter orang-orang yang punya "level of craziness" yang sama kayak gue. Tentu hal ini gak mereka sadari karena gue lebih sering diem kalo di dalam kelompok. Padahal diem gue itu gue gunain untuk nahan kentut observasi karakter yang justru berakhir hanya ke asumsi sesat belaka. 

Sama seperti kisah yang mau gue certain, yang awalnya gue anggap sombong taunya malah jadi best partner in crime, gue juga pernah salah nebak yang baik malah akhirnya nothing. Gue pernah kenal sama satu orang yang awalnya bakal bejo kalo jadi temen dia. Soalnya pinter. Enak kan kalo ada tugas kelompok dan satu kelompok sama dia? Bisa santai. Pikir gue saat itu. Tapi beberapa kali jadi satu kelompok diskusi kecil di kelas, kok pikirannya politik mulu ya? Apapun topik pembahasannya, dia larinya ke masalah politik. Secara gue gak suka politik, gue sedikit demi sedikit jaga jarak. 

Makin ke sini gue justru banyak gak setujunya sama hasil pemikiran dia. Bebrapa kali sempat debat. Tapi lantaran anggota kelompok lain terlalu nerimo dan nganggap dia lebih keren, semuanya lebih dukung hasil pemikirannya untuk dijadikan bahan tugas kelompok. Bukan hanya itu aja, yang gak bikin gue nyaman, otaknya ngeres ternyata sodara-sodara. Ngomongnya cabul. Hahaha. Udah gitu sok kenal lagi sama orang orang. Ketimbang gue tekanan batin dan pikiran, akhirnya gue mutusin untuk leave dari kelompok dia dan cari kelompok lain yang lebih asoy-geboy

Beda lagi sama inem. Eh kayaknya gue udah pernah ceritain si inem juga deh. Di cerita itupun gue udah pernah ceritain gimana awal mulanya gue kenal dia. Tapi gak papa. Sebagai bahan refleksi aja. 

Inem ini adalah gadis cianjur yang nyasar kuliah di Solo. Dari awal masa orientasi, si inem udah akrab dengan beberapa orang bahkan udah punya genk. Sementara gue? Masih asik jadi nerd yang sebatang kara dan durjana. Malahan bukanya akrab sama temen satu kelas, gue justru akrab sama mahasiswa dari fakultas lain di universitas lain pulak. Alamak! 

Inem ini kalo masuk kuliah, gak pernah telat begitu datang ke kampus, langsung masuk kelas meskipun dosennya belum masuk. Beda sama gue yang nongkrong dulu di depan kelas sambil ngemis ngemil cilok baca buku ya udah deh, gak sambil apa-apa, bengong doang. Nah, kalo gue perhatiin, inem itu kalo jalan ngelewati temen-temen sekelas, gesturenya sombong banget. Jalan aja dibuat-buat kayak finalis Asia’s next top model. Dada busung, cat walk, dagu diangkat. Ngelihatnya aja gedeg dah. 

Oh ya, sebelum lanjut, gue mau kenalin dulu sohib gue juga, Onyet. Perempuan jahanam yang jadi sohib gue juga gegara beduaan doang ikut ujian susulan bahasa inggris. Dia lah orang yang berjasa bikin gue kenal inem. Soalnya kalo ngobrol sama onyet, di situ juga pasti ada si Inem. Mau gak mau ada lah sepatah dua patah kata kita obrolin. Meskipun gue ogah. Di jaman ini, gue demen banget add orang untuk jadi temen gue di Facebook (FB). Siapa aja gue add. Dari mulai artis, pembaca berita, dosen, temen sekelas, bahkan makhluk orang asing pun gue add. Nah, untuk menambah jumlah temen FB gue yang kalo gak salah udah nyampe 3rebu (iya, gue akui gue dulu alay, tapi gue bangga), gue add lah si Inem ini lewat friendlistnya si Onyet. Begitu di accept sama si inem, gue nulis lah di wall dia. Gue lupa apaan. Cuma kayaknya gue sapa dia tapi dengan candaan. Eh tanggapan dia dong.. 

“HEH! GAK USAH SOK UCUL LO YA!!” 

Mampus! Gue shock. Tanggapan yang luar biasa ‘sopan’ itu bikin gue keder. Kenapa nih orang? Kok marah-marah? Pan gue ngebanyol, bukan nagih utang. Keracunan Kiranti kali ya? Positive dah ini orang gak cocok dijadiin temen. Kayaknya gak punya level banyolan yang sama. Gue sih gak unfriend dia di FB. Cuma ada niatan untuk unfriend dia di real world. 

Akhirnya, gue males ketemu apalagi ngobrol. Dan setiap ketemu gue, mukanya itu tetep aje sombong dan gak mencerminkan rasa bersalah udah ngebentak gue di fb. Waktu berjalan, sampailah kita pada mata kuliah writing and speaking acquaintance, semacam bahasa inggris dasar gitulah. Nah, gue emang gak jago banget bahasa inggris, gue cukup paham aja. Nah si inem ini pengetahuan bahasa inggrisnya di bawah gue. Hahaha. yang sombong siapa sih sebenrnya. 

Ngelihat gue selalu mulus tiap praktik writing dan speaking, mungkin dia terkesima dengan kemampuan bahasa inggris gue dan akhirnya berani untuk nanya kalo pas lagi ada tugas di kelas. Gue juga nanggepinnya biasa aja, wong ada yang nanya, masa gue cuekin. Nah dari tanya jawab mata kuliah inilah gue akhirnya sering ngobrol sama inem. Ternyata orangnya kocak juga. Bodor malahan. Begitulah seterusnya sampe sekarang. Gue dan inem berubah jadi partner in crime. Bahkan gue dan dia udah dicap jadi pengkhianat kelas lantaran sering ngebantah usul dari para kompeni kelas yang nyoba ngebossy. Hahaha. bahasa gue sadis! 

Sampe tulisan ini gue ketik pun, gue masih kontekan sama si Inem. kebiasaan dia curhat soal perjalanan percintaan dia masih jadi topik utama kalo ngobrol. Gue cerita soal dia karena dia ngundang gue ke pernikahannya. 

Awalnya gue ragu apakah bisa dateng ke nikahan dia apa enggak. mengingat sebagai Miss Cianjur Abadi Jaya, dia menghelat pesta pernikahannya pun di Cianjur. Sementara gue di Kalimantan. Ternyata emang rejekinya si Inem, gue dapet jalan (meskipun drama dikit) untuk dateng ke Nikannya di Cianjur. 

Drama kedua dipersembahkan oleh dress code warna putih. Gue udah coba pake kemeja putih sama celana item, jatohnya kek peserta magang di kafe-kafe. Akhirnya gue putusin untuk cari outfit yang lebih kece. Ketemulah satu sweater putih. Bisa gue padu padanin sama chinos khaki. Mantap. sempurnalah penampilan gue entar di weddingnya inem. 

Singkat kata, sampailah gue di Bogor dengan naik Damri dari Bandara Soekarno-Hatta. Sumpah ini pertama kalinya gue menginjakan kaki di Bogor. Depan Botani Square. Sampe sini, kata Inem gue harus lanjut naik Elf ke Cianjur. Buat yang gak tau ELf itu apa, gue kasih tau. Elf ini adalah kendaraan mirip angkot, tapi gedean dikit dan biasanya tempat duduknya menghadap depan semua. Jadi stiop beranggapan kalo gue ke cianjur naik fan casenya Super Junior. 

Pas turun dan duduk sebentar, gue bingung, udah celingukan berapa kali. mondar-mandir, gak nampak satupun elf. Apa belom dateng batin gue. Ternyata setelah NANYA (aktivitas yang harusnya gue lakuin sedari setengah jam lalu), Terminal Elf ada di samping botani. Jadi gue kudu keluar dulu dr Terminal Damrinya. Damn. I felt so stupid

Begitu dapet Elf tujuan Cianjur dan memberitahukan pak sopir dimana harus menurunkan Gue, which is one of a Villa di deket-deket cianjur. Si sopir ngangguk-ngangguk kek boneka dashboard yang ada diangkot. Tapi karena gue mencium aroma kentut gelagat mencurigakan kalo si Sopir cuma sok tau,  yang awalnya gue pen tidur selama perjalanan, akhirnya gue tetep elek sambil memantau Google Maps. 

Bener aja. Pas deket tempat dimana gue harus turun, Pak Sopir malah ngebut aje dan akhirnya bablas dikit. untung gue kasih kode lembut ke sopirnya:

"STOOPPPPPHHHH!!!!!!!!! PAAAAAAAAAAAKKKK!!! SETOPPPPPPPPPHHHHH...."

Villa yang bakal dipake buat acara inem besok pagi ini mayan gede. Gak deng, gede beut. Gue ampe dikasih kamar sendiri saking luasnya. Setelah mandi, inem sama calon laiknya ngajakin gue dan rombongan temen-temen calon lakinya untuk makan sate maranggi. Biarpun gue minoritas, maksudnya sebagai satu2nya perwakilan dari calon mempelai perempuan, gue gak mau kalah. Makan tetap makan dengan LAHAP. ampe rebutan meski gak kenal. Wkwkwk. pokoknya bar-bar. 

Besok paginya, akad dimulai. salah satu temen kami yang base-nya di Sumedang juga dateng pagi ini. Mayan lah gak sendirian banget gue. 

Semua prosesi gue ikutin, berasa gue yang punya hajat. wkwkwkwk. 

BTW gue sakit hati sama (meski gak kenal) sama beberapa undangan yang dresscodenya gak putih. Ada yang pake warna coklat, biru muda, hitam, merah, ijo lumut, ijo tai kuda, abu-abu monyet, dll. Gu be like mo ngusirin orang-orang yang dateng gak sesuai dress code. Tapi batal, yang ada gue yang diamuk masa nanti. 


Sekarang partner in crime gue ini udah nemuin partner dunia-akhiratnya setelah berjuang TP-TP ke segala penjuru. Nem, selamat menempuh hidup baru ya di tanggal 19 Desember 2015. Untung lu dapet laki yang lo bilang sabaranya gak ketulungan, cocok lah sama elu. Semoga dia bisa bikin lu jadi lebih anggun. Eh jangan ding, tar kalo lu anggun, lu jadi gak asik lagi. Jadi diri lo sendiri aja lah setelah nikah. Gue doain lu awet sama laki lo. Ampe nini-nini aki-aki. Ntar kalo bulan madu, please notice bellboynya jangan lo bentak-bentak ya. Hahaha.

Posted on
Sunday, December 13
Filed under:


Subscribe
Follow responses trough RSS 2.0 feed.

2 Comments to “Miss Cianjur Wedding day”


terus lu kapan yoo hehhe