Your alt title

rioferi

Good Morning From Bahadur

Kayaknya gue kudu ngurangi sok-sok-an bikin resolusi untuk rajin ngeblog deh. Soalnya dari tahun 2009, selalu resolusi ini yang gue umbar tiap menjelang tahun baru. Tahun ini misalnya, Desember tahun kemaren dengan tekad sebulat tahu bulat yang digoreng dadakan, gue bersungguh-sungguh pengen jadi blogger yang rajin nulis dan posting tulisan. Tapi apa dikata, rasa hati ingin memeluk gunung, apa daya tangan buat ngupil. Bulan Juni 2016 baru lah gue mulai posting lagi. Entah berapa lama gue hiatus. Mungkin saking lamanya gak ngeblog, laman blog gue jadi angker karena kelamaan ditinggal sang empunya. Jadi nanti kalo ada yang masuk ke halaman web gue, langsung kesurupan. Hahaha. 

Sebelum gue masuk ke inti postingan, gue mau kabar-kebor dulu nih. Gue sekarang udah gak kerja lagi di Balikpapan. Gue udah balik ke habitat awal lagi. Sekarang gue kerja di bagian Export salah satu perusahaan stationary yang bermarkas di Kota Solo. 

Divisi Export punya satu bossman yang diimpor dari singapura. Jadi kalo sekarang kalian jalan-jalan ke Singapura, udah gak ada tuh patung Merlion yang sembur-sembur air. Soalnya itu patung udah gelinding ke kantor gue jadi Manager. 

Sebagai seorang Export Officer, tentu gue dan yang lainnya kudu berurusan dengan buyer/customer dari mancanegara. Sebagai seorang yang perfeksionis, bossman pengen semua orderan dari buyer harus sempurna tanpa cela kayak sulapnya demian. Tapi semua gak bisa berjalan mulus sesuai production plan yang udah dibuat dengan sangat sempurna. Adaaaaa aja masalah yang datang. 

Kayak hari ini, salah satu rekan kerja gue, Mbak Jane, lagi kebagian jatah masalah. Hasil produksi exercise book dia yang dipesan oleh buyer dari Indiahe, ukurannya gak sesuai dengan production plan. Ukuran cetak berbeda 2 mm dari ukuran sample yang dikirim buyer. DUA MILLIMETER. Tapi bagi bossman, ini kesalahan fatal karena akan mencoreng harkat, martabat, dan derajat dia di mata buyer. Gue setuju kalo ini juga merupakan kesalahan. Tapi gak usah lebay juga sih.. 

Bossman : How can we sell this to buyer lah? We tak kena jual lah..

Terus dia ukur itu buku pake penggaris besi.. 

Bossman : Bring me the original sample

Mbak Jane kasih sample dari buyer. Secara kasat mata sih sama persis. Pake bahan yang sama dengan permintaan buyer. Tapi ya itu, Cuma beda 2mm di bagian lebar buku. 

Sambil ngacungin penggaris, 

Bossman : See? 2 mm! How can QC miss this problem? How lah?? 

Mbak Jane : Ya mbuh, You ask sendiri ke QC-nya 

Bener juga sih, harusnya kan Tanya ke QCnya langsung ya? 

Bossman : How lah? Ini tak kena jual ke buyer. Buyer pasti kena marah ke kita. I told you to supervise the production! Look what happened now?! If We cann’t jual, kita tak kena makan lah! Am I correct?!

Singkat kata, setelah debat sono-sini-ngalor-ngidul, akhirnya bossman mau telpon buyer. Buyer yang order exercise book ini katakanlah namanya Mr. Bahadur dari Saudi Arabia, pengusaha minyak yang nyambi jualan buku tulis buat ngisi waktu luang. 

Mbak Jane : Halo, Mr. Bahadur, This me, Jane from Solo-Indonesia. 

Mr. Bahadur : Yes 

Mbak Jane : My Boss want to talk to you 

Mr. Bahadur : Yes 

Ini Mr. Bahadur kok ya Cuma yas yes yas yes thok sih? 

Mbak Jane kasih telpon ke Bossman. Bossman coba basa-basi dulu ke Mr Bahadur. Kemudian bossman jelasin duduk permasalahannya. Bossman bilang ada kesalahan pada saat cutting. 

Bossman : .. so Mr. Bahadur, I feel so sorry about your products. It’s very bad for me and actually not good for you 

Mr. Bahadur : Good.. Good.. (kayak bintang iklan puyer lama2)

Bossman : No! It’s not good.. listen, if you don’t mind about this cutting problem, We are ready to ship your products tomorrow morning 

Mr. Bahadur : Yes.. Good morning too. How are you? 

Hahaha. Capek-capek ngejelasin malah ditanya balik “how are you”. Kepriben tho? Dia kira kita lagi nyapa dia selamat pagi kali. 

Bossman : I’m fine. Do you understand what I’m talking about? 

Mr Bahadur : Yes.. hahaha. Good!

Bossman udah mulai pening nanggepin si Mr Bahadur. Hahaha. Selebihnya Mr Bahadur terus-terusan bilang “yes”, “good”, “ok”, dan “hahaha”. Gitu aja terus sampe Ahmad Albar rebonding rambut. 




Posted on
Thursday, June 30
Filed under:

Subscribe
Follow responses trough RSS 2.0 feed.

No Comments Yet to “Good Morning From Bahadur”