Your alt title

rioferi

Lika-liku Registrasi Ulang Sim Card

Hi pembaca yang budiman dan tidak budiman. 

Entah kenapa hari ini hasrat untuk ngeblog datang lagi setelah sekian lama hiatus. Mumpung ada pengalaman yang menurut gue patut dan layak untuk di-share. Sumpah ini semua berdasarkan pengalaman pribadi. Bukan hoax murahan. Thanks. 

Jadi gini, kalian pasti tau soal program pemerintah yang mengharuskan pengguna sim card untuk registrasi (baru/ulang) agar terdaftar dan bisa digunakan seterusnya. Konon kabarnya, simcard yang tidak melakukan registrasi secara bertahap akan kehilangan fungsinya. Setau gue ada semacam pemblokiran bertahap mulai dari gak bisa melakukan panggilan dan hanya terima panggilan dan SMS aja, dst.

Nah karena sebab ini, gue pun segera melakukan registrasi ulang sesuai format yang mengharuskan menuliskan NIK dan No. KK. Tapi pertama kali nyoba daftar, ternyata NIK gue gak sesuai dengan No. KK. padahal udah gue amati satu persatu angkanya dan gak ada yang kelewat atau salah. Kemudian gue keinget bude pernah 'revisi kesalahan' penulisan namanya di KTP yang imbasnya penggantian KK baru. Kemungkinan besar No. KK-nya berubah. Setelah tanya orang rumah, ternyata betul, KK-nya udah release yang baru dengan nomor baru pula. Tapi setelah gue registrasi ulang pake no. KK yang baru, ternyata gak bisa juga. Tetap dengan notifikasi bahwa NIK gue gak sesuai dengan nomor KK. Damn

Dalam keadaan hampir masuk ke dunia Avatar, gue nyoba kontrol diri dan berusaha gak panik. hahaha. kayak apa aja. Sampe situ gue gak berbuat apa-apa. Gue berpikir (tolol) untuk nunggu sampe Februari 2018 tiba, which is adalah deadline yang disebutkan sebagai batas registrasi tahap 1.

Ketika Februari datang, seperti typical orang Endonesia kebanyakan, gue baru panik menjelang deadline. Gue putusin untuk cari info di internet soal kasus gue ini sekaligus untuk refresh pengetahuan juga. Nah beberapa info yang gue temuin adalah kalo misalnya NIK dan Nomor KK gak match, bisa diurus ke dukcapil. Wis, sampe sini persepsi gue adalah birokrasi yang berbelit-belit. Tapi mau gak mau harus gue lakuin uuntuk saat ini karena menyangkut hajat hidup nomor handphone yang udah gue pake dari SMA. 

Saat gue mau urus case ini ke dukcapil daerah tempat NIK gue tercatat, gue browsing lagi syarat dan stepnya. Karena gak nemu di halaman pertama google search (again, gue lekas nyerah, haha), gue putusin untuk nyari nomor telpon dukcapil di browser. Tapi justru gue dapet file daftar PIC dan nomor contact whatsapp Dukcapil seluruh kabupaten se-Indonesia. 

Wuhuu..

Sebagai Anak jaman old yang ke-now-now-an, merasa ada angin segar dengan adanya kontak whatsapp. Gak perlu mahal2 telpon pikir gue. Pas gue cek, PIC dukcapil daerah gue ternyata perempuan. Mulailah gue mencurahkan detail permasalahan gue ke mamah dedeh petugas dukcapil via whatsapp chat (perkenalan dulu pastinya). Gue paham sih, setiap tingkatan posisi punya otorisasi sendirii terhadap tahapan kerja. Nah si Ibu dukcapil ini hanya minta nama panjang + NIK + Nomor KK dan bilang bahwa masalah gue akan dikonsolidasikan ke pusat. Pusat mane juga gue kagak paham. Pusat tata surya kali ya? 


Pas kesempatan kedua gue konfirmasi (beberapa hari setelahnya), gue masih dapat jawaban yang sama. Tidak sama sekali mengurangi rasa kekhawatiran. Dan ketika gue tanya "KENAPA" NIK gue gak match dengan No. KK padahal tercantum di dokumen masing-masing, jawaban si Ibu :

Mohon maaf bapak kita sudah berbuat maksimal, data bapak sudah kita minta di konsolidasikan lagi terima kasih

Shit! ini kayak gue nanya orang "mau kemana?" eh dianya jawab "gue dari pasar". Kan jaka sembung bawa gintar, gak nyambung, jreng!.

Karena gue pikir pertanyaan gue kurang jelas, gue ulangin lagi dengan sedikit penjelasan, 

"😊 pertanyaan saya, kok bisa gak cocok gitu lho bu. Saya apresiasi usaha Dukcapil melalui ibu dalam mengkonsolidasikan data saya ke pusat. Tapi pertanyaan saya, kenapa sehingga terjadi masalah ketidak cocokan ini. begitu. hehe"

(text di atas gue copy-paste dari text whatsapp gue ke ibu dukcapil dengan menghilangkan nama daerahnya) . 

eh jawaban si Ibu :  

Sabar ya bapak,kita usahakan terus konsolidasikan ke pusat

https://78.media.tumblr.com/fc6a4cb63045f0d992a952b88a6d528d/tumblr_nnf765ZOH11sp9vg7o4_400.gif

Hiiiiiihhh! I am Jane You Tarzan!. Eh dia kan cewek ya, keballik jadinya. 

I am Tarzan You Jane!

Wait... 
Sampe sini, gue sempat berpikir "ya wes lah kalo mau diblokir ya diblokir, kalo gak bisa registrasi terus ya pake nomor sekali pake buang aja".Tapi gue bakalan repot juga nantinya kalo dokumen yang mau gue urus dan melibatkan NIK dan KK gak akan bisa keurus sepanjang mereka belum bisa dicocokkan. Lagian sayang juga kalo nomor ini keblokir. udah lama banget gue pake dan ada 3 digit angka favorit gue di situ. hehe. 

Gue cerita masalah ini ke salah satu sodara. Dia ngasih satu link yang menurutnya sangat ampuh teruji terpercaya tanpa anjuran dokter tanpa harus macem-macem dan nomor kita akan terverifikasi sebagai registered. Gue buka link-nya. dan memang di arahkan ke halaman registrasi gitu. 

Well, pas gue udah klik verify, yang seharusnya gue dikirimin kode verifikasi, gak ada tuh sampe tulisan ini dipublish bahkan mungkin sampe kalian nemuin tulisan ini, gue belom nerima kode verifikasi. Another shit!. 

Selang beberapa hari sejak itu, ada whatsapp masuk dari seseorang yang memperkenalkan diri sebagai orang dukcapil atasan ibu dukcapil yang gue ceritain di atas. Si Bapak ini awalnya nanya apakah KTP gue udah KTP Elektronik? Gue jawab iya dengan menyertakan Foto E-KTP gue. Dia kemudian ngirimin screenshoot data diri gue yang terekam di sistem E-KTP. Gue pun membenarkan data yang ia kirimkan adalah data gue

By the way, Pas liat foto gue, astaga, rasanya pengen kembali ke masa gue foto untuk E-KTP terus nabok diri gue sendiri sambil bilang "cuci muka bego!!". Sumpah Kuceeeel banget. Lu tau Aliando Syarief? Nah Muka gue mirip sama kaos lama dia yang dipake buat keset. 

Back to topic. 

Satu hal yang dikonfirmasi si Bapak-bapak dari Dukcapil ini adalah penyebab nomor KK gak match dengan NIK gue adalah ada salah seorang di kalimantan barat sana yang make NIK sama dengan NIK gue. Awalnya gue kaget. Gimana bisa? Setau gue kombinasi angka NIK kan di dahului dengan kode provinsi, kabupaten dst. Jadi bagaimana bisa seseorang di kalimantan barat sana pake NIK gue?














Demi Dewa Dewi Tanah Malaka! Apa-apaan ini coba? daripada berlama-lama gue pun meminta bapak dukcapil untuk bantu biar case ini clear. Takut aja kalo-kalo NIK gue disalahgunakan. Oh No! ya kalo dia orang baik-baik yang belum maghrib aja udah balik ke rumah. Gimana kalo dia anak jahat yang suka kempesin ban motor guru killer?? Tidaaaakkk.. 

Si Bapak Dukcapil menyanggupi. Dia bilang masalah ini sudah dikonsolidasikan (btw, konsolidasi apaan yak?) ke pusat dan dikonfirmasikan dengan dukcapil Kalimantan Barat dan sudah direspons pula. Namun dari mendagri belum ada kabar. Gila gak tuh? skala NIK gue sampe ke Mendagri. Berasa orang penting jadinya. *benerin poni*

Besoknya si Bapak dukcapil ini ngabarin kalo case nik gue udah clear dan mempersilahkan untuk registrasi ulang sim card gue dengan NIK dan no KK yang kemaren sempat gagal. Dan Voila!! Berhasil!!!! hahaha. Syukur Alhamdulillah. Gue pun berterima kasih ke Bapak dan Ibu Dukcapil. Kalo si Ibu gak ngadu ke atasannya, kayaknya belum tentu sekarang kasus gue clear. So, buat kalian yang gak bisa registrasi ulang nomor hape karena masslah yang sama, siapa tau case kita sama. Siapa tau ada warga Wakanda yang punya NIK yang sama dengan kalian. Hahaha. 

YES! AKHIRNYA GUE BISA DAFTAR CPNS TAHUN INI 

Semoga informasi ini membantu ya.
Sekali-kali lah publish informasi yang lumayan penting, daripada menertawakan diri sendiri terus.

Posted on
Wednesday, February 21
Subscribe
Follow responses trough RSS 2.0 feed.

No Comments Yet to “Lika-liku Registrasi Ulang Sim Card”