Your alt title

rioferi

Cita-cita Absurd

Kalo anak kecil yang normal ditanya tentang cita-citanya, dia bakal menjawab dengan polosnya bahwa cita-citanyanya itu Dokter, Guru, Polisi, Tentara, atau apapun itu yang merupakan pekerjaan hebat. Tapi gue, manusia yang terlahir tak normal, memiliki jawaban unik bin aneh saat gue ditanya tentang cita2. Susan aja kalo ditanya tentang apa cita2nya, dia ngejawab mau jadi tukang encus alias dokter. Tunggu...tunggu.... Lu gak tau yang namanya susan? Oh my god.... apa perlu gue jelasin dulu apa itu susan? Susan itu boneka beruang tauk..

Susan itu buneka cewek cilik yang terkenal bisa bicara. Tapi sebenernya, yang menjadi pengisi suaranya adalah kak Ria Enes sang pemilik boneka. Kalo lu gak tau, kebangetan! Waktu lu kecil lu pasti dikerangkeng di kandang platypus jadi lu gak bisa nonton tipi akhirnya gak tau siapa susan. Kasihaan.

Oke kembali ke masalah cita-cita. Kalo gue ditanyain cita2, kadang bingung sendiri. Mau jawab jadi dokter, temen2 gue juga jawab gitu, ntar jadinya malah kebanyakan dokter gak ada pasien lagi. Kan gaswat oh gaswat.



Mungkin kalo guru gue atau siapaun yang nanya ke gue tentang cita2, gue bakal jawab kayak gini

Ibu guru : “ Rio...Rio...Rio... besok gede, mau jadi apa?”
Gue yang masih kecil : “aku kepengen pinter...jadi power renjer..”
Ibu guru : “ kalau...jadi renjer... rio mau apa?”
Gue yang masih kecil : “ kepengen nyuntik ibu.... encus... dzing... encus... dzing... encus...”

cita-cita ku... kepengen jadi renjer.....” gue berlalu ninggalin ibu guru yang bengong , sambil nari kayang plus lompat harimau keliling sekolah.

Nah, lho semua udah tau kan apa cita2 gue? yap. Gue dulu bercita-cita jadi renjer. Power renjer. Pasukan yang terdiri dari 5 remaja pembela kebenaran dengan kostum warna-warni kayak pelangi. Mungkin ini efek dari sungguh sangat kecil sekali banget niannya ukuran otak gue. gue mulai terpengeruh acara televisi. Ini semua berawal dari temen gue yang suka banget nonton acara power renjer yang dulu diputer tiap minngu pagi.

Awalnya gue gak begitu ngeh ama ni acara, tapi, lama kelamaan gue terkontaminasi juga ama virus yang di-rajalelakan oleh temen2 gue. gue pun jadi sangat menyukai tokoh renjer yang selalu membela kebetulan (sama aja kan ama kebenaran?). ranger yang paling gue suka saat itu adalah ranger item. Dengan warna itemnya itu, si renjer jadi keliatan lebih gagah di banding renjer merah yang selalu jadi pemimpin.

Sejak saat itu, gue bareng ke-5 temen aneh gue membentuk pasukan renjer sendiri. Dan dimulailah rapat tentang posisi serta formasi renjer bikinan kita.

Si Irwan, sebagai pencetusnya mengajukan diri sebagai ranger merah. Dasar egois. Dia milih ranger yang selalu terlihat hebat. Lalu, ranger lainnya gimana? Karena gak mau rebutan, si Irwan punya saran untuk menggunakan cara undian. Jadi ada 5 kertas yang ditulis pake spidol warna biru (oke, ini gak penting). Yang ditulis di kertas itu adalah 5 warna renjer yang tersisa. Biru, putih, hitam, kuning dan ehem..pink a.k.a merah jambu a.k.a merah muda. Gue berwas2 ria, gue gak mau kebagian renjer warna kuning, apalagi pink. Iuuuch.... kan gak banget. Thu warna melambangkan cewek banget. Gue pengen mendapatkan tahta warna hitam untuk renjer ini.

Begitu ke-5 kertas udah digulung kayak rokok tembakau, terus dimasukin ke dalam kotak, satu persatu dari kita di suruh ngambil 1 kertas. Kertas itu yang akan menjadi penentu masa depan kami di dalam genk ini. Uoooooohh....
Dengan hitungan mundur yang hanya menggunakan bilangan prima berpangkat 3, gue ama temen2 yang lain di persilahkan untuk membuka tu kertas. Deg2an gue lebih dari deg2annya nominator sebuah award saat dibacakannya pemenang kategori artis gak laku terpaporit.

...
...
...

(yang diatas tu maksud gue sebagai itungan, tapi gue serahin ke lu aja. Masalahnya gue gak ngerti bilangan prima, apalagi yang berpangkat 3)

JRENG.............!!!!

Satu persatu kertas dibuka dari gulungannya. Gue yang penasaran langsung membuka gulungan kertas dengan birahi tinggi. Dan... dan.... lo tau pa hasilnya???

Dewi portuna lagi mudik jauh entah kemana, jadi gak bisa dampingin gue sekarang ini, dalam situasi dimana gue sangat membutuhkanya. Gue kebagian renjer yang paling centil, mempesona dan lebay. Si Renjer Pink. Aaaaaaaaarrrrrrrrrrrgggghhhhhhhhh.....!! Kyaaa....!! kya.....!!
Ini adalah kutukan terdahsyat dan terancur yang pernah gue dapatkan. Gue merasa masa depan gue bakalan terhina dan tercaci maki. Thu, belum apa-apa gue udah ikutan lebay kayak renjer pink.

Sebagai renjer pink, gue mau kasih tau nih posisi dan formasi dari renjer hina ini:
Renjer merah : Irwan
Renjer biru : Dwi
Renjer hitam : Arya
Renjer kuning : Fajar
Renjer Pink : Gue
Renjer putih : Andre

Gue mencoba berpikiran positip tentang jabatan hina yang gue pegang. Gue mencari celah kebaikan dari warna renjer yang gue dapet, walaupun celah itu sempit banget. Kayak lobang persembunyian anak kutu yang kurang gizi.

Setelah berusaha menggunakan otak gue yang alhamdulillah masih bisa difungsikan, gue mendapat beberapa pikiran positip :

Pikiran positip pertama : sebagai renjer pink, tugas gue gak berat. Soalnya, diserial power renjer, si pink ini cuma tereak sana tereak sini sambil lompat kangguru.

Pikiran positip kedua : setidaknya bukan hanya gue yang menjabat sebagai renjer nista disitu. Masih ada Fajar, manusia yang juga ditakdirkan menjabat renjer dengan warna kategori “iiuuch..”. yap. Dia menjabat sebagai renjer kuning. Renjer yang lumayan nista. Hahahaha....

Pikiran positip ketiga : gue bakal dicap sebagai cowok romantis dengan warna pink itu. Weks cuh...

Setelah menentukan warna, si Irwan mebuat ultimatum yang sangat sewenang2. Dia mau, kalo ntar janji ketemuan ber-6, semuanya harus pake baju dengan warna renjer masing2. Gile gak thu? Masa gue harus pake kaos warn pink. Apa kata kapten Hook coba?

Gue mau protes, tapi belum sempet gue mangap, baru permulaan mendesah, si Irwan udah ngambil kemoceng terus diangkat ke atas sambil kecak pinggang dia ngomong, “keputusan gue mutlak dan tidak bisa di diganggu gugat!”.

Akhirnya gue gak jadi protes, gue takut pas gue protes, gue malah dipaksa nelen tu kemoceng, tanpa mentega. Gue hanya bisa misuh2 sendiri. Dasar anak SD Imbisil, muka pispot, kadal buntung, buaya darat, kecoa bunting, kambing congek, sapi ompong, kecebong mandul, kucing ngesot, dkk....

Irwan juga memutuskan bahwa pertemuan selanjutnya minggu depan dengan jam yang sama. masalah juga lagi2 datang dari Irwan, dia ngoceh untuk nyari markas buat pasukan power ranger yang lebih mirip pasukan kuda sembrani “Imbisil” ini. Si fajar nyaranin kalo lebih baik di rumah Irwan, selain terasnya seluas samudra pasifik, tempatnya juga strategis. Deket ama warung, jadi kalo laper, tinggal jajan. Gue ama renjer “Imbisil” lainnya setuju. Si andre juga beralasan, bahwa renjer merah harus rela berkorban dan menolong sesama (kamu pranuka sejati nak...).

Paksaan demi paksaan menghujam ke arah si irwan. Dan dengan keterpaksaan yang sangat amat mendalam, dia nrimo keputusan itu. Markas beres. Jadi minggu depan, kita semua kumpul di rumah Irwan dengan memakai kaos warna-warni kayak bidadari yang mau mandi di muara angke.

Walaupun udah ada ultimatum untuk pake baju sesuai warna renjer, gue tetep gak mau pake baju warna pink. Paling warna putih biar netral. Ketidakpatuhan gue bisa diterima dengan lapangan bola dada. Sejak pertemuan kedua itu, temen2 gue selalu beli barabg yang mewakili warnanya. Dari Pulpen ampe sedotan. Gue gimana? Barang cowok yang warna pink itu udah punah sebelum ada (bingung kan Lo? Sama). jadi kadang gue beli barang yang warna merah juga. Barang yang kita punya, kebanyakan sama. itu jadi lambang kekompakan kami, 6 murid SD warna-warni yang bertampang idiot.

Kekompakan yang gak normal ini kebawa sampe ke Sekolah. Di SD gue, ada lapangan rumput yang lumayan Luas. Di situ, tiap jam istirahat, gue ama temen2 “renjer” selalu bermain permainan yang bahaya ditiru sama anak normal. Nama permainannya adalah “menjadi renjer”. Di permainan ini, gue ama temen2 slalu ngajakin kakak kelas buat gabung. Mereka ( 5 orang kakak kelas) bakal kita jadikan sebagai monster. Tugas gue ama temen2 gue adalah ngalahin tu Monster2. Yang gue gak ngerti thu, kok kakak2 kelas gue mau aja diajakin permainan aneh kayak gitu?, padahal, masih banyak permainan normal yang lainnya yang bisa mereka mainkan, egrang misalnya.

Permainannya kira2 gini. Lapangan dibagi menjadi 2 area. Area 1 di kanan dan area 2 di sebelah kiri. Area 1 merupakan areanya para renjer (gue ama temen2 sotoy gue) dan area 2 adalah area para monster2 yang beranggotakan kakak kelas. Masing2 berbaris berderet menghadap lawan di area masing2. 1 orang renjer harus menghadapi 1 orang monster. Permainan dimulai dengan gue ama temen2 gue berlari sambil memperagakan gerakan berubahnya power ranger menuju area para monster.

Setelah sampai di area monster dan proses berubah yang gerakanya kayak koreo kadal betelor selesai, proses penyerangan dimulai. Gue ama temen2 gue harus menghadapi sang kakak kelas, terserah caranya gimana. Mau diajak lomba lari karung, atau lomba marathon, atau lomba makan kelereng, terserah. Yang penting renjer harus menang.

Gue kalo inget masa2 ehem suram gue itu, gue gak bisa ngebayangin apa jadinya kalo nyokap gue tau kegiatan gue di sekolah itu bukannya belajar, tapi mendadak gila. Pasti nyokap gue langsung bilang “ nyesel ibu ngebesarin kamu nak.... bukan jadi orang yang bener, malah gak karuan..DENGAN KEKUATAN BULAN... AKAN MENGHUKUMMU....ENYAH KAU DARI MUKA BUMU INI !!!!”

Waktu gue udah kelas 6 SD, kita udah gak lagi maen yang begituan. Paling kita nyalurin “perang”nya di dunia gak nyata, PS. PS jadi tempat kita untuk unjuk aksi sebagai renjer. Motto perang kita berganti yang tadinya “berani Kotor itu baik” menjadi “berani kotor itu jabang bayik”. Deket ujian kelulusan SD, gue ama temen2 jadi jarang kumpul2 lagi. Paling gue cuma ke rumah fajar buat belajar bareng, yang akhirnya berganti menjadi baca komik bareng.

Kelompok renjer itu bubar setelah gue ama temen2 gue masuk SMP. Selain lantaran temen2 gue pada pindah sekolah, juga karena kita ngerasa udah gede, gak perlu lagi maen yang kayak begituan. Gue juga ngerasa, tujuan kita saat ngebentuk kelompok renjer kuda sembrani “imbisil’ adalah biar keliatan kompak, secara berasal dari 1 komplek. Tapi dengan cara begitu, malah kita jadi gak punya ciri khas. Kita punya barang yang sama dengan warna berbeda. Kita jadi kayak 1 kelompok alien bermuka sama tapi dengan warna berbeda dari planet uranus belok kanan.

Tapi walaupun masa itu adalah masa gila gue, gue sampai sekarang masih suka ama power renjer. Dengan sedikit perubahan. Gue sekarang gak bertitle pink lagi, bikos, gue sekarang menyukai renjer dengan warna hijau. Dalam Power ranger, si hitam gak selalu ada, kadang di ganti oleh warna ijo. Dan sekarang yang lebih banyak muncul adalah ranger hijau. Hidup Ranger Hijau.....!!

Gue harap, kalo temen2 gue ntar ngadain reuni, mereka gak bakal ngadain acara yang dress codenya pake kostum renjer. Hahaha....masa udah uzur masih pake kostum2an. Gak jaman.

tapi, untuk sekarang, gue punya permintaan ama loe, Loe mau ngebentuk ranger bareng gue lagi?? hahaha... Lupakan...

Posted on
Tuesday, April 28
Filed under:
Subscribe
Follow responses trough RSS 2.0 feed.

One Comment to “Cita-cita Absurd”


hahahaha... gue mau yo... asal Loe masih mau jadi ranger pinknya.. hahahaaa

Anonymous