Your alt title

rioferi

Lomba Sains dan Teknologi Koplak

Gue ngerasa masa-masa sekolah, terlebih di SMA, adalah masa dimana gue bener-bener ngerasain ‘darah muda’. Selama ngejalani masa SMA, banyak banget cerita suka duka murka dan -ka -ka yang lain yang mewarnai hari-hari bersama seragam putih abu-abu. Pertama kali masuk SMA, gue rasanya seneng banget. Ada beberapa hal yang melatar belakangi kejadia tersebut. 

Pertama, karena gue akan say good bye ama celana pendek biru yang udah ampe paha dan berganti dengan celana abu-abu panjang yang keren. Bayangin aja, kan gue masuk dalam masa pertumbuhan ya. So kaki gue modot dengan sukses sementara panjang celana tetap. Alhasil, gue berasa pamer aurot kemana-mana selama 3 tahun. Memang sih gak ada masalah dengan "memakai celana warna biru pendek" tapi kao terlalu pendek kan jatohnya pamer aurot. Mending mulus, paha Gue tergolong paha ikan (emang ikan punya paha?). Bersisik. Udah ah.. gue mau muntah kalo inget itu. 

Kedua, keberadaan gue di SMA berarti menandakan gue dah gede. Gue bakalan punya alasan untuk bertindak. Alasan itu adalah berupa mantra manjur “Sekarang dah gede, udah pantes ngambil keputusan sendiri". That was awesome kalo bisa bilang begitu. Contohnya waktu Gue bilang gini ke Nyokap, 

"Bu, Aku udah gede sekarang ini. Udah SMA. Aku udah pantes untuk ambil keputusan sendiri. Biarkan Aku kembali ke Hutan Bu.. Aku kangen teman-teman.."

Ketiga, karena Gue udah SMA, So, Ortu mau gak mau harus kudu wajib musti beliin Gue motor. Ini bukan Gue yang maksa, ini janji mereka sendiri, Mereka bakal beliin motor kalo Gue udah SMA. Akhirnya, punya motor sendiri. Selama SMP, Gue berangkat-pulang sekolah dengan sepeda kayuh warna biru dan kadang juga jalan jaki. Sekarang-pun Sepeda motor yang dibeliin warnanya biru juga. Jangan-jangan Gue ini adalah Power Ranger Biru. Haha. Gue sempet kasih nama buat si Sepeda Motor warna biru. Namanya Biru. Ya ampun, garing.

Keempat, karena Gue ganteng. Ah, itu sih udah jadi fakta internasional. Gak perlu dijelasin kenapa-nya. Gak nyambung juga.

Kayak anak SMA lain, pertama masuk SMA Gue mesti dihadapin sama yang namanya MOS (Masa Orientasi Siswa), ini adalah event dimana Murid baru akan di perbudak oleh senior. Murid baru bakal dibuat super malu di acara ini. Mulai dari penampilan yang bakal dibikin aneh, sampe syarat untuk minta tanda tangan senior yang aneh banget, melebihi anehnya ngidamnya gajah yang lagi hamil. Gue aja ampe disuruh nyanyi balonku menghadap pohon sampe itu pohon tumbang, bayangin... aneh banget. Tapi tugas itu terselesaikan dengan baik, sementara kakak senior noleh ke arah lain, Gue kentutin si pohon. Ajaib! Mati seketika! Pas gue nengok ke arah kakak senior, dia juga ikut tepar.

Tapi tenang, MOS cuma seminggu paling banter. Setelahnya, Murid Baru akan resmi jadi Anak SMA dan bakal ngejalalin hari dengan santai (itu juga kalo senior gak keterusan). Gue bisa kenalan sama banyak orang baru di SMA. Orang yang pertama gue kenal adalah Doley. Bukan, dia bukan domba hasil kloningan. Memang badannya montok dan terkesan terlahir untuk Idul Qurban. Tapi Dia manusia murni hasil dari pertandingan ganda campuran antara nyokap ama bokapnya. Gue sekelas sama dia waktu MOS. Tapi begitu pembagian kelas sesungguhnya, kita misah. Gue dapet kelas B, dia kelas C.

Di kelas B, Gue kenalan sama orang baru lagi. Dia Riki, temen sebangku. Sejak saat itu, temen deket Gue ya dia itu. Selain dia, gue juga udah kenalan dengan beberapa orang. Deny, Bintang, Devi, Vonny, Vina, Adut, Titus, Dian sama Dyas. Tapi masuk kelas XI, yang udah mulai penjurusan, Gue pisah kelas dengan beberapa teman, termasuk Riki, karena pilih beda jurusan. Mereka Masuk jurusan IPS, sedangkan Gue, Devi, Titus & Dyas, masuk jurusan IPA. Gak ada yang masuk jurusan Citayem.

Di kelas penjurusan, murid-murid akan digabungkan dengan murid-murid dari kelas lain yang mengambil jurusan yang sama. XI IPA1 misalnya, Gue digabungin ama anak-anak yang terkenal berotak einstein dikelas X (sepuluh) dulu. Gue ngerasa takut, Gue pasti gak akan bertahan lama di kelas yang udah terlanjur dicap sebagai kelasnya “OP” a.k.a Orang Pintar (bukan, bukan Dukun, Paranormal apalagi Parabola, tapi emang Orang Pintar yang punya otak cerdas, gitu maksudnya). Gue juga ngerasa gak bakalan dapet juara kelas di kelas ini. MUSTAHIL bin MUSTAJAB. Tapi yang penting gengsi dulu. gengsi bisa naik dengan diterima sebagai salah satu Murid jurusan Ilmu Alam.

Orang Pintar yang akan berjaya di kelas ini berdasarkan Polling SMS gue sendiri adalah :

Profil OP 1

Nama : Wita
Hobby : Baca buku text biologi sambil ngunyah bakwan
Deskripsi : dengan julukan maut “einstenwati”, dia mampu menjadi unggulan seantero SMA. Terus-terusan menjadi yang pertama dari mulai Tes masuk SMA sampe ulangan harian maupun Ulangan Umum. Referensi utama untuk contekan ketika ulangan dadakan.

Profil OP 2

Nama : Patrick
Hobby : nongkrong di Kantin
Deskripsi : Jangan liat fisiknya, walaupun tidak putih, tidak tinggi, kumisan, dan brewokan, dia salah satu spesies “OP” yang dilindungi sama Kepala Sekolah. Keberadaanya di dunia ini, mematahkan anggapan bahwa seorang KETOS (Ketua OSIS) adalah sosok yang gagah, ganteng, jago basket, dll. Pokoknya Dia gak ada tampang untuk Pemeran Ketua OSIS di Sinetron "Bidadari". Selain KETOS, dia juga menjabat Ketua DKA (Dewan Kerja Ambalan) Pramuka SMA Gue.

Profil OP 3

Nama : Titis. Gue juga bingung. Kadang Gue panggil Tit, kadang juga Tus.
Hobby : bereksperimen dengan semua hal yang dia temui. Termasuk ketombe. 
Deskripsi : Manusia yang satu ini, pendiem banget (sama sih, Gue juga). Dia menganut pribahasa “diam-diam menghanyutkan”, gak banyak omong tapi sekali ngomong langsung panjang kayak proposal. Otaknya super encer, lebih encer dari minyak tanah. Dia bisa jabarin rumus pythagoras ampe sedetil-detilnya. Saking jagonya, dia pernah membuat rumus hasil gabungan dari rumus matematika dan rumus fisika. Tapi ditolak karena ngawur.

Profil OP 4

Nama : Devy
Hobby : Nyatet semua rumus di bukunya. mentang-mentang tulisannya bagus. 
Deskripsi : Dia adalah siswa kesayangan guru matematika. Tiap ada soal yang susah untuk dipecahin, selalu dia yang diutus untuk menyelesaikannya. Jago main gitar. Katanya sih belajar otodidak. Tapi gue yakin dia belajar sama Eros Sheila on 7.

Profil OP 5
Nama : Doley (Dodol)
Hobby : Cengir-cengir gak jelas
Deskripsi : Cowok yang punya badan tegap ini ahlinya matematika. Yup, dia adalah saingannya Devy. Bedanya, kalo Devy hampir mahir disemua pembahasan di buku matematika, Doley cuma mahir di bidang Logaritma dan Diferensial. Bahkan waktu dapet tugas Bahasa Indonesia untuk isi mading. Anda freak matimatika ya. 

Kemudian, Gue? apa gue masuk daftar OP juga? Ya iyalah! *hidung bertambah panjang*

Gue mulai ngejalanin sekolah di kelas yang baru dan suasana baru. Proses adaptasi Gue gak begitu lama, selang dua bulan Gue udah enjoy dengan kelas ini. Kelas ilmu alam memang terkenal dengan kekompakan para penghuninya. Kekompakan itu hanya terjadi pada jalan kebenaran. Kalo soal bolos, gak begitu. Lima orang yang masuk daftar OP kadang susah untuk diajak Bolos bareng. Ada yang setuju, ada yang gak. Tapi hal itu bagus bukan?

Waktu kelas XI inilah gue banyak sape pengalaman tak terlupakan. Salah satunya, waktu Gue, Wita, Devy & Titus ditunjuk mewakili Sekolah kami untuk ikut Olimpiade Sains Nasional (kalo gak salah gitu deh namanya). Mungkin beberapa, OK, semua diantara kalian gak percaya Gue termasuk salah satu siswa yang ditunjuk pihak sekolah. Tapi, ketahuilah & percayalah sodara-sodara, Gue cukup mahir dalam mata pelajaran Kimia. Kalian kudu percaya, cium saja bau kentut Gue, itu murni gas metana.

Balik ke cerita.

Gue sama temen-temen dari kelas Ilmu Alam ditambah satu orang yang namanya Susi, OP bidang IPS, akan memulai berperang di Olimpiade Sains Nasional di tingkat Kota/Kabupaten terlebih dahulu, kemudian jika lolos akan lanjut ke tingkat provinsi dan seterusnya. Masing-masing dari kami akan mewakili satu mata pelajaran yang dilombakan. Kalo gak salah gini formasinya :

Gue : Kimia

Titus : Fisika

Devy : Matematika

Wita : Biologi

Susi : Ekonomi

Kami berenam pun berkomitmen untuk menyelamatkan bumi dari serangan kerajaan Api dan membantu Avatar menguasai keempat elemen. Gak ding, maksudnya, berkomitmen untuk berhasil di ajang ini dan membumihanguskan  mengharumkan nama sekolah. Hasilnya?. Ntar juga tau gimana jadinya.

Sehari sebelum Perlombaan, Gue beserta Rombongan diberangkatkan. Pihak sekolah beralasan supaya besoknya fit dan dapat mengikuti olimpiade dengan lancar. Kita diinapkan di hotel dekat tempat perlombaan. Mengingat jarak sekolah dan sekolah yang jadi tempat tes lumayan jauh. Gue sekamar sama Titus, begitu juga dengan ketiga wanita itu, mereka di-sekamar-kan. Kamar kita saling bersebelahan. Gue ngerasa beruntung, nginep di Hotel berbintang setengah dengan gratis.

Setelah istirahat dan makan siang, kita bukannya belajar untuk perlombaan besok malah berencana buat belanja di Mini market deket Hotel. Bermodalkan uang pesangon dari sekolah, Kami yang mirip rombongan sirkus ini keluar dari hotel menuju Mini market. Beberapa saat, kita udah kumpul lagi di depan kasir. Gue ngeliatin mereka satu per satu, mencermati apa aja yang mereka beli. Gue yang hanya beli biskuit sama beberapa snack, kaget ngeliat Susi. Susi beli banyak banget makanan. Dari biskuit ampe permen telor cicak dia borong semua. Ni anak niat belanja apa ngerampok sih?

Setelah memborong makanan di Mini market, temen-temen ngusulin buat belajar bareng sambil ngemil di kamar para cewek. Gue setuju, itung-itung bisa nyicipin snack yang beda-beda dengan gratis. Setelah ambil buku dan alat tulis menulis, Gue sama Titus mulai berlenggang kangkung menuju kamar cewek.

Di sana temen-temen cewek udah nunggu sambil meng”hampar”kan semua snack di depan mereka. Kegiatan belajar di mulai dengan khidmat layaknya orang mengheningkan cipta. Kami larut dalam kondisi konsentrasi penuh sambil sesekali ngemil. Semua buyar ketika si Susi mulai nyeloteh gak penting “Eh, tau gak? Kalo kepercayaan orang cina bilang, abis makan makanan yang asin terus makan yang manis, bisa cepet tua” katanya.

Gue nyautin “Oh, jadi itu alesannya wajah Lu kayak gitu?”

"Maksud Lo, Gue tua? sialan"

“Hahahahahahahaha....” tawa yang lain.

Obrolan makin berlanjut ke hal-hal yang nyeleneh dan belum diperbincangkan di dunia satwa atapun tumbuh-tumbuhan. Kami banyak berdiskusi tentang hal yang di luar nalar. Seperti saat Gue tanya beberapa senyawa atau kandungan bahan kimia dari minuman soda yang kita minum, atau Wita yang nanya apa akibatnya kalo tombol remote TV tertelan, dan sebagainya. Di tengah perdebatan yang tidak sengit, Gue mendadak sok berfilsuf “Hei, Temen, kita disini kan karena jadi wakil sekolah, kok kita malah kayak gak serius kayak gini ya?”. 

Semuanya diem..

Gue jadi ngerasa terbawa suasana, dan mulai lagi untuk berkata bijak dengan memejamkan mata. Kayaknya gue udah masuk ke dunia Avatar. 

“Kita dikasih kepercayaan oleh pihak sekolah untuk mengharumkan nama sekolah, kita ini anak-anak terpilih temen-teman". Gue ngomong seolah-olah kita baru aja masuk ke dunia Digital dan menemukan Digimon masing-masing.

"Sekolah mengirimkan kita pasti punya alasan, entah karena kita kompeten di salah satu pelajaran atau apa”.

Mendengar kata-kata gue, si Devi mulai netesin air mata, Gue kira kakinya keinjek atau sedih gara-gara snack-nya Gue embat semua. Ternyata dia bener-bener menghayati kalimat gue lho.. (padahal gue lagi gak sadar waktu ngomong begitu).

Si Wita yang ngeliat Devi nangis, ikutan nangis sambil memegang tangan Devi. Susi juga ikutan megang tangan devi yang sebelah. Akhirnya kita semua bergandengan tangan kayak orang mau nyeberang jalan. Menangis estafet..

Dalam keadaan gandengan, entah kenapa mulut Gue gak bisa berhenti berkata-kata aneh, “Coba bayangkan kalo kita sampe gagal, apa yang dirasakan pihak sekolah? Pihak sekolah udah ngeluarin banyak biaya, dari mulai transport, makan, penginapan, uang saku, bahkan mengadakan les private jauh hari sebelum kita berangkat...”

Si Wita sambil sesenggukan nyautin kata-kata gue, “Ki..kita harus berusaha untuk bikin bangga se..sekolah. Pihak sekolah mempercayakan nasib sekolah ditangan kita”.

Setelah kata-kata Gue & Wita selesai, semuanya pada nangis. Beberapa saat kemudian, genggaman tangan terlepas (udah sampe seberang jalan ya??). Devy, Susi, & Wita mulai ngapus air mata mereka yang udah mirip iler, berserakan kemana-mana.  

Setelah sesi tangis-menangis, gue ama Titus ngelanjutin belajar di kamar kita sendiri. Niat itu gak terlaksana. Gue malah masang posisi tengkurep dan sukses tidur ampe besok harinya.

Waktu gue bangun, Gue ngeliat Titus udah siap dengan pakaian seragamnya. Gue panik, Gue tanya ke Titus “jam berapa ni Tus?”.

“Jam 5 pagi, tenang masih 2 jam lagi kita berangkat” kata Titus santai.

“what? Jam 5 pagi dan Lu udah siap? Ajegile rajin bener”

“hehehehe...” jawab Titus hanya dengan cengiran kuda nil.

Gue beranjak dari tempat tidur terus gue mandi dan sok make aer dingin, padahal ada aer anget. Akibatnya badan gue meriang setelah mandi.

Semua beres, kita kumpul di Loby hotel nunggu guru pembimbing gue yang bakal nganterin kita ke tempat diadainnya Olimpiade. Ternyata bukan hanya gue yang meriang bajaj bajuri, tapi si Devy juga ngerasain. Katanya, ini gara-gara kepikiran kata-kata gue semalem, jadi dia kepikiran terus dan jadi gak bisa tidur. Itulah akibatnya terlalu memikirkan perkataan orang sinting.

Guru pembimbing gue dateng, gue & temen-temen disuruh sarapan. Dan Lu tau apa menunya?

Pembaca 1 : pasti sereal yang kaya akan gandum dan rasa coklat

Pembaca 2 : pasti nasi goreng, kan?

Pembaca 3 : Roti bakar ya?

Bukan, wahai pembaca, menu itu terlalu bagus. Berhubung belum ada rumah makan yang siap pagi-pagi gitu, akhirnya “Mie rebus”lah santapan kami. Walau udah ditambah telor, Gue tetep ngerasa laper, ini ngebuat meriang gue tambah menjadi-jadi. Devy yang sama sekali gak nyentuh “Makanan sejuta umat” itu kini menjadi demam, dan bukan mau ikut-ikutan Devy, Gue juga demam. Lengkaplah sudah penderitaan gue.

Titus yang seyogyanya jago fisika bilang bahwa kalo mau sembuh, Gue kudu minum panadol dan Sprite. Entah itu bener atau gak, tapi gak gue ikutin sarannya. Mengingat wajah Titus terkesan abis keracunan susu basi pas ngomong barusan. Mabok ni anak.

Dengan keadaan seperti itu, otomatis apa yang udah gue pelajari buyar dan ilang semua. Gak konsen bikin gue gak bisa ngerjain soal. Yang Gue pikirin saat itu cuma pulang terus tidur ampe besok. Di tengah-tengah ngerjain soal, Gue mulai ngerasa kepala gue berat, beraaaaaaat banget, serasa ada patung liberty nagkring di kepala. Gue makin gak konsen, apalagi dengan soal yang belum pernah gue temui.


Dengan kepala memutar-mutar, Gue nyoba jawab soal dimana Gue disuruh ngitung Jumlah kalor yang dibebaskan pada pembakaran 100 gram gas alam. Gue mau jawab “Kepala saya pusing pak, tolong jawab sendiri saja”. Tapi, akhirnya gue urungin dan membiarkan kertas itu kosong.

Waktu olimpiade udah selesai, Gue keluar dengan megang kepala, pundak, lutut & kaki. Diluar, Gue udah ditungguin guru pembimbing bareng Wita dll. Guru pembimbing sempet nanya gimana dengan soal kimia gue. Gue dengan gaya berdiri yang aneh mirip beruang jongkok, gak mampu jawab dan cuma senyum-senyum jijay. 

Akhirnya waktu pulang tiba, tapi emang dasar sial, angkot yang bakal ngebawa Gue CS kembali ke Hotel belom lewat. Sedangkan Guru pembimbing udah duluan ke Hotel naik Motornya. Gue ngerasa kasian ngeliat Devy yang udah mau semaput, gendong ransel yang kayaknya berat banget, entah apa itu isinya. Mayat kali. Gue nawarin diri buat bawain ranselnya. Gile, berat amat. Dengan beban Ransel ini, jalan Gue tambah sempoyongan. Gue udah berdoa sama Tuhan "ya Tuhan, Ambil nyawa hamba Sekarang..". Untungnya, sebelum diaminin, angkot yang Gue tunggu udah dateng tapi dengan penumpang yang membludak. Terpaksa Gue dan temen-temen usel-uselan di dalam angkot, dari pada harus jalan lagi.

Sampe di hotel, Gue langsung merebahkan diri di kasur. Gue tepar. Benar-benar tepar. Gue udah gak mampu lagi berdiri. Titus yang badannya sehat wal afiat mulai ngeberesin barang bawaanya bikos kita udah harus cabut dari hotel jam 12 siang. Dengan lemesnya, Gue juga ikut ngeberesin barang gue sendiri.

Sampe rumah Gue langsung tidur di kasur dan melanjutkan aksi tepar dengan ”senang”nya.

Lo mau tau hasil dari Olimpiade itu? KALAH TOTAL. Ya, semua bidang yang yang kami wakili gak ada satupun yang masuk 3 besar. Gue mah udah gak peduli. Hasil olimpiade diumumin oleh bapak Kepala Sekolah pada saat beliau pidato Upacara hari Senin pagi. Gue dan Teman-teman peserta Olimpiade Sains yang lain cuma bisa nyengir- kuda mabok. Sumpah malu banget. Bahkan ada murid yang bilang “Ikut olimpiade cuma mau ngabisin duit sekolah?”. Rese’ nih orang. Tapi gimana ya..

Kejadian kayak gini juga terulang ketika Gue dengan kelompok yang sama, without Susi, ikut Tes masuk Fakultas Kedokteran UNTAN (Universitas Tanjung Pura) jalur Ikatan Dinas. Dengan sama orang, sama tujuan, sama gagalnya.

Di Tes masuk Ikatan Dinas kali ini, pihak sekolah yang gue rasa udah kapok, cuma membiayai transport doank. Pihak sekolah gak rela kalo harus jual Aula sekolah demi membiayai kami (Lebay Mode:ON).

Kejadiannya hampir sama dengan Olimpiade sains dan teknologi. Bedanya, kali ini Gue gak tepar, bikos gue belajar dari kejadian masa lalu (cie..). walaupun dalam kondisi sehat wal afiat, tetep aja Gue gak konsen ngerjain soal. Gue kedinginan. Tempat duduk gue pas banget didepan Mesin Pendingin yang gedenya segede rak buku Perpustakaan kerajaan Ingris. Mungkin thu Mesin pendingin di setel dengan Mode “angin topan kutub utara”.

Hasilnya? Sama. Gue gagal masuk Fakultas Kedokteran melalui Ikatan Dinas. Tapi gak semua gagal. Si Wita berhasil masuk 10 Besar Kabupaten dan lanjut ampe Propinsi. Bener-bener einsten itu anak.

Gue berharap, adek-adek kelas Gue gak nyontoh perilaku sotoy kakak-kakak kelasnya. Gue takut mereka terjerumus pada jurang ke-anehan.

Walupun itu termasuk dalam kategori kegagalan. Tapi Gue menikmatinya sebagai pengalaman tak terlupakan. Sebenernya masih banyak hal yang mau Gue ceritain di posting kali ini, tapi ini aja udah panjang banget kayak tali kolor Hulk ditarik-tarik. Gue pengen ceritain gimana Gue yang rela ngeberesin tenda para junior pramuka saat ujan-ujan, sampe cerita horror di sekolah. Mungkin di Posting berikutnya, kali ya.


bye
-rioferi-

Posted on
Friday, May 1
Filed under:

Subscribe
Follow responses trough RSS 2.0 feed.

2 Comments to “Lomba Sains dan Teknologi Koplak”


hahahahah........asli nie.......kgak ngerti nie dri sudut pandang kyk gmn u blg aq slh satu OP di IPA 08 tu ?????

urutan OP dikelas tu...
wita, devi, trus u, trus titus, trus doly.......terbukti slam di IPA..q gak prnh nyentuh peringkat atas........hahahahha

btw,it was q a good story, i really like this........

q tggu cerita masa SMA sljnutnya kek.....ok..hehehhe

ya udah lah ya, anggap aja sebagai salah satu pencitraan ;p