Your alt title

rioferi

Festival Jenang Solo 2012


Beberapa waktu yang lalu, Kota Solo punya gawe namanya Festival Jenang Solo 2012 yang diadakan di Ngarsopuro. Di Festival ini, semua jenis jenang yang diklaim dimiliki Kota Solo sebagai aset kebudayaan ditampilkan dan dibagikan secara gratis kepada warga Solo yang datang. Antusiasme pun datang dari warga Solo dengan membludaknya pengunjung. Ada banyak kemungkinan banyaknya pengunjung yang datang. Diantaranya, karena gratis, eventnya menarik, tertarik menikmati jenang yang udah jarang ditemukan, atau pengen ketemu pak Walikota Solo, Joko Widodo. ;)

Salah satu yang antusias banget dengan event ini adalah Gue dan seorang temen. Dua orang penggemar kuliner apa lagi yang gratisan. Maka dibuatlah kesepakatan kita berdua untuk datang ke acara ini satu jam lebih awal dari pembukaan acara biar gak kehabisan jenang gratis. 

Datanglah kita berdua pukul 8 tepat. Tapi lantaran jalan utama ditutup gara-gara ada upacara hari jadi Kota Solo, kita berdua harus muter jalan yang lebih jauh. Sampai di lokasi, ternyata udah banyak juga yang berpikiran sama untuk datang lebih awal. Pengunjungnya udah banyak banget. Observasi jenang pun dimulai. Ada satu jenis jenang yang pengen banget kita cobain. Namanya Jenang Pati. Ternyata itu Jenang ada di stand pertama yang kita samperin. Tapi ada yang aneh, kenapa belom dibagiin juga? justru jenang-jenang itu masih ditempatkan rapi di wadah kendil tanpa ada tanda-tanda pernah diusik (Asiik!). Akhirnya kita muter-muter dulu ngeliat segala macam jenis jenang yang dipamerkan. Ada beberapa jenang yang kita pengen banget nyobain saat itu juga. Tapi ya itu, belom ada satu pengunjungpun yang boleh menikmatinya. Usut punya usut, Festival jenang bakal dibuka oleh Bapak Jokowi sebagai Walikota Solo. Jadi jenang gak bakal dibagikan sebelum festival dibuka secara resmi oleh bapak walikota. 

Denger kabar ini, lutut Gue mendadak lemes. Udah diniatin gak sarapan biar lebih puas melahap jenang, eh malah suruh nunggu lebih dari satu jam. Karena banyaknya pengunjung, bisa dipastikan proses pembagian jenang bakal rusuh dan berdesak-desakan. Tercetuslah ide untuk bergegas menuju stand yang nyediain jenang Pati inceran kita berdua dan antree paling depan. Satu jam lebih kita berdiri di bawah teriknya matahari. Sumpah hari itu panas banget. Berasa dikempit sama keteknya Hulk. 

 Ngiler gak tuh liat makanan antik na gratis..

Yang antree sak Indonesia Raya..

Dan akhirnya, penatian warga Solo diredakan dengan kedatangan Bapak Walikota Solo dan rombongan dan resmilah Festival Jenang Solo 2012 dibuka secara resmi. Gak nunggu komando lagi, semua warga Solo menyerbu setiap stand yang keliatan lengang. Kecuali temen gue yang sengaja gue korbanin buat antre mendapatkan jenang pati inceran hati sanubari [sorry pren ;)].

Dan inilah jenang yang berhasil kita sabet. Porsinya emang gak seberapa, tapi perjuangannya berat cuy. Setidaknya semua terbayarkan dengan kepuasan saat menikmatinya. Masuk ke tenggorokan itu rasanya 'Mak Sreg Legender...'. 

This is it... Jenang Pati Perjuangan ;)

Posted on
Wednesday, February 29
Filed under:

Subscribe
Follow responses trough RSS 2.0 feed.

2 Comments to “Festival Jenang Solo 2012”


maknyussss! sayange aku ra bisa melu rebutan jenang mas..

jenang itu dodol bukan sih? kalo di Gresik Jenang itu dodol, di bentuk bulat sepeti gelas kecil bungkusnya daun pinang

NF