Your alt title

rioferi

Head and Sunsilk!

Hari ini adalah hari minggu paling produktif yang pernah Gue alami. Produktif yang Gue maksud adalah Gue bisa melakukan hal positif untuk anak-anak. Bukan! Bukan produktif bikin anak. Gue masih belom tau caranya buat anak gimana. Lu tau? Gimana sih? Tutorialnya ada? Biasasanya hari minggu Gue habiskan dengan nonton Spongebob atau another sinema anak hari minggu , kali ini beda. Ada possible mission yang harus dikerjakan. Mengajar anak-anak kecil di taman baca. 

Gue udah agak lama bergabung di sebuah komunitas. Namanya Komunitas Baca Keliling Solo a.k.a kocak solo. Kata yang empunya, komunitas ini masih dalam tahap perintisan. Jadi intinya Gue cuma mau bilang kalo Gue masuk di kocak gak lama setelah komunitas ini kebentuk. Itu juga secara gak sengaja. Waktu main farmville di facebook, mendadak ada yang ngetweet soal komunitas ini melalui akun twitter info kota. Sebagai seorang yang suka baca, Gue tertarik untuk join dan berkontribusi di komunitas ini. Belum banyak sih yang Gue lakuin. Sampai pada hari ini, Gue punya kesempatan ikut ‘ngajar’ dan loading buku-buku bacaan untuk sebuah taman baca di daerah Klaten. 

Di taman baca ini, Gue ketemu banyak anak-anak kecil yang dahsyat semua. Meskipun jumlahnya gak sebanyak tentara spartan, tapi kalo Lu diharuskan untuk nafkahin mereka, keitung banyak lho jumlahnya. Hehe. Back to the story. Lantaran baru dateng kesini untuk pertama kalinya, Gue belum kenal satupun nama-nama mereka. Gue coba pendekatan dengan satu persatu anak dan tanyain nama mereka. Failed! Mereka sih nyebutin nama, Guenya aja yang absen minded. Kalo udah ya udah, langsung lupa. Tapi ada beberapa sih yang nyangkut di kepala. Itu juga lantaran kelakuan aneh mereka. Jadi gampang diidentifikasi. Nama yang Gue inget ada Rio, Ari, Yusuf, Luthfi, Erma, Karomah, Dea, Lala. Siapa lagi ya? Udah deh kayaknya. Segitu doang.



Eh iya, FYI aja, Gue gak dateng sendiri. Gue bareng 2 kawan. Salah satu dari mereka adalah sang empunya komunitas alias mak tiri, panggil saja begitu. Nama aslinya Arum. Satunya lagi bapak-bapak. Hahahaha… 

Kegiatan pertama yang kita lakuin adalah main scrabble atau susun kata. Biar sekali dayung 2-3 dunia terlampaui, Gue bikin permainan susun nama mereka masing-masing. Sekalian main, sekalian mengingat nama-nama yang Gue lupa. Tapi lagi-lagi metode ini failed buat Gue. Cih! Permainan berlanjut ke tebak-tebakan bahasa inggris. Dan jawaban bahasa inggris mereka semua ini kadang bikin Gue speechless dan ngakak sampe rahang lepas. 

Arum : Bahasa inggrisnya ibu apa?? 

Rio : Moder!! 

Gue : Kalo ibu jari?? 

Erma : Moder jari!! 

Gue ------> Keselek papan scrabble

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Ada lagi.. 

Gue : Bahasa inggrisnya ayam apa?? 

Erma : Chicken! 

Arum : Kalo bebek?? 

Beberapa orang yang belum Gue kenal : duk! Eh, dak! Duk apa dak ya? Duk dak!! 

Gue --> ngelepas rahang, pasang lagi 

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Belum berakhir, tebak-tebakan berlanjut ke nama-nama angota badan.. 

Arum : Bahasa inggrisnya kepala apa? 

Ari + Rio + Erma + etc : head..!! 

Arum : Kalo bibir apa?? 

Erma and the girls : Liiiippp!! 

Rio : Lipstick!! 

Buset deh ni si Rio, kebanyakan liat emaknya dandan kondangan kayaknya.. 

Gue : Kalo mata apa bahasa inggrisnya? 

All : Eye!! 

Gue : Kalo bulu mata?? 

Group : maskaraaa..!! *

Gue -> tejengkang* 

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Nih, satu lagi yang bikin Gue ngakak gak henti-henti.. 

Arum : nah kalo yang ini pasti gak tau.. Bahasa inggrisnya pundak apa, hayo?? 

Erma : nok!! *apaan tuh??* 

Rio : door!! *pundak loe ada pintunya gitu??* 

Ari and all : *bising, nerka-nerka jawaban dengan kata-kata aneh* 

Gue : klu-nya, depannya ‘s’.. 

All : *makin ngawur jawabanya* 

Arum : *cekakaan sendiri..* 

Gue : sama kayak merk shampo kook.. 

All : *malah nyebutin merk shampoo satu persatu* lepboy!! Rejois!! Klir!! Sun silk!! 

Rio : sun light!! (lu keramas pake sabun cuci piring? Pantes rambut lu keset) 

Gue : itu lho.. Head and sss……… nah. S-nya itu apa?? Head and sss… *mencoba memberi clue yang gampang* (gue udah mirip uler sawah)

Erma : head and sunsilk!! 

Rio : head and lifebouy!! 

Ari : head and sun light! 

Others : head and clear!! 

Gue : *headbanging* 

Sumpah Gue gak berhenti ngakak denger jawaban mereka. Selain itu, mereka juga memperkenalkan kosa kata entah negara mana yang baru Gue denger. Misalnya aja minthi, bleduk, dsb. Tapi ini yang bikin Gue pengen segera balik lagi. Mereka ini bukan bocah biasa. Terlalu banyak tahu tentang hal di luar mereka tanpa pendampingan yang benar. Semoga saja, kami-kami ini bisa menuntun ke jalan yang tidak buntu. :). Kalo kalian mau join bareng, boleh banget kok. Kocak Solo welcome bagi siapa saja yang ingin berjibaku dan berkontribusi bersama. 

Bye

Posted on
Sunday, June 23
Filed under:
Subscribe
Follow responses trough RSS 2.0 feed.

2 Comments to “Head and Sunsilk!”


eh,, menarik mas,, pengen ikut

mau ikutan? boleh.. kontak via FB ya, minggu ini kita mau ke sana lagi..