Your alt title

rioferi

Smartphone dan Jeniusphone

Entah kenapa Gue lebih cenderung suka ngeposting di malam hari. Berasa makhluk nocturnal. Apa? Vampire? Hoho. Gue ini generasi 90-an lho. Kalo Lu bilang Gue Vampire, ya berarti Gue adalah vampire yang demenennya lompat-lompat dan isep darah. Bukan vampire gaul yang sekolah dimana-mana dan pamer badan sixpack di depan banyak orang sambil bilang “sparkling..sparkling”. 

Gue lagi kepikiran sesuatu belakangan ini. Semakin banyak yang nanyain kenapa Gue gak beralih ke gadget yang diklaim sebagai smartphone. Emang sih kalo dibandingkan ponsel kepunyaan temen-temen, ponsel yang Gue punya tergolong jauh dari kasta ponsel mereka. Kalo dijejerin nih, berasa kucel dan usang banget antara dodol kemaren sore dan rainbow cake. Kadang malu juga ngeluarin ponsel dari saku/tas di depan mereka meski hanya untuk ngecek apa ada pesan masuk atau belum. 


Gue sering dibilang gak gaul lah, gak up to date lah, bahkan ada yang bilang gue gak ganteng (kok malah curhat masnya) karena keukeuh pake ponsel yang sistem operasinya aja masih java. FYI saat tulisan ini gue buat, gue masih pake Sony Ericsson W508. Dari merknya aja kalian udah pasti tau tahun berapa ponsel Gue diproduksi. Udah lumayan lama. Waktu itu Kaisar Ming masih idup. Gue mempertahankan ponsel ini lantaran suka sama modelnya. Flip dan music edition. Bentuknya juga simple dan satu lagi, cover depannya bisa digonta-ganti. 

Meskpun udah bisa digolongkan benda bersejarah mendekati fosil, ponsel ini masih prima kok untuk segala macem fiturnya. Gue masih bisa kirim pesan singkat, telpon juga suaranya nyaring, puter music sampe budek juga gak masalah, internet sampe pulsa minus OK. Everything yes OK kok. Jadi untuk saat ini masih belum ada alasan untuk mengganti ponsel ini. Mungkin suatu hari nanti kalo ponsel W508 ini sudah usang dan berdebu sehingga lebih pantas dipake sebagai ganjelan pintu ketimbang ponsel, baru bakal Gue ganti. Itupun dengan catatan.

Kalo ada yang bilang Gue/ponsel Gue gak gaul, atas dasar faktor apa mereka bilang kaya gitu? Apakah ada indikator-indikator yang sahih yang sudah disepakati bersama mengenai konsep orang gaul? Apa iya gaul itu cuma butuh beli smartphone atau cuma makan mie dalam kemasan cup? Haha. Kan enggak. Kao menurut pandangan Gue, gaul itu relative dan fleksible. Tergantung situasi dan kondisi aja sih. Ada yang bilang kalo gaul itu update info soal selebritis Dunia (nama anaknya Kim siape ya?), ada juga yang bilang kalo gaul itu update fashion/teknologi/model rambut, dll. Nah untuk kasus Gue ini, menurut Gue, ponsel gaul adalah ponsel yang mampu compatible dengan ponsel lainnya. Secanggih apappun sebuah ponsel, kalo gak bisa compatible dengan device lainnya, itu sama aja Lu beli mobil Lamborghini Reventon atau Bugatti Veyron super Sports tapi Lu kendarai di trotoar. 

Mereka suka bilang begini 

“Ah, gak asik ah Lu yo, gak bisa BBMan” ujar salah seorang teman, sambil terus berpacu dengan gadget berry hitam keluaran terbaru. 

“Lu ada pin gak yo?” atau “minta pin BB dong ,yo” Beberapa teman menanyakan demikian di social media ketika lama tak bertegur sapa. 

“Download aplikasi chatting Line dong yo, install whatssapp dong yo, install weChat kek atau KakaoTalk” seoarang teman. Perempuan. Sosialita. Cerewet!. 

“Kamu gak kepengen beli blackberry ? bapakmu aja udah pake lho..” Ibu. Penggerak roda kehidupan keluarga. 

Sebenernya nih, Gue pengen punya gadget mahal bin mutakhir. Apalagi kalo denger kawan-kawan asik ngobrol seputar aplikasi jelly bean (Bahasa Indonesianya apaan yak? Kacang ager-ager?). Meskipun sedikit banyak Gue tau soal yang begituan, tapi gak bakal di gubris lantaran Gue gak gablek sama gadgetnya. Ibarat Gue mau kasih tau perkembangan ilmu mengendalikan tanah, apa daya Gue cuma muggle. Tapi begitulah dunia, meskipun We known what They Known and We seen what They seen. Kita bakal bisa ‘sama’ kalo masih ada yang beda. Buat catatan nih ya, W508 punya Gue, bisa kirim sms dan telpon ke semua ponsel. Secanggih apapun ponselnya, sampe selevel sama ponsel yang bisa berubah kayak transformers sekalipun. Tanya balik deh, smartphone kalian bisa gak? Paling gak bisa! Kalian kan terkungkung dengan paketan. Haha. Jarang punya pulsa regular. :) Lu boleh pake smartphone. Gue pake versi jeniusphone. 

Ah sudahlaah...

Bye 

Posted on
Saturday, June 22
Filed under:
Subscribe
Follow responses trough RSS 2.0 feed.

2 Comments to “Smartphone dan Jeniusphone”


Betul Mas, Setuju sama sampean. kadang memang tida perlu memiliki sesuatu untuk mengerti. he3x

Farhan

bgs gan, ane pake blackberry tapi masih nyemperin isi pulsa reguler jg koq

Agung