Your alt title

rioferi

Panggilan Tes Palsu Seleksi Karyawan

Kebiasaan tidak baik yang masih sering gue lakuin adalah check my mobile phone in the morning. Mata belum melek aja tangan udah ngegerayangin sisi tempat tidur untuk cari hp. Ada beberapa notifikasi di sana. Biasanya notifikasi di HP cuma dari BBM, whatsapp sama instagram doang. Pun kalo ada notifikasi email, cuma jobstreet yang setia ngirimin gue email setiap hari. Hahaha. Gue baca judul email yang barusan masuk. 

“SURAT PANGGILAN PESERTATES SELEKSI CALON KARYAWAN PT. DJARUM INDONESIA Tbk” 

Gue tulis dengan sangat persis plek ketiplek dengan subjek emailnya. Pengirimnya dari Recruit djarum dengan alamat email djarum@asia.com 

Saking kaget dan senengnya, biji mata yang gak seberapa ini kayak membesar secara tiba-tiba dan hampir keluar dari tempurungnya (iya, gue tau. Gue juga capek jadi lebay begini). Tapi euphoria gue gak nyampe 3 detik da. Soalnya gue sadar itu email gak ada basa-basi apaan gitu di bagan emailnya. Cuma ada satu lampiran doang. Gue buka dong lampiran email yang terdiri dari 3 halaman ini. 


Di halaman pertama lampiran email panggilan tes ini isinya menerangkan bahwa lamaran gue memenuhi persyaratan yang ditetapkan sehingga gue bisa ikut tes seleksi karyawan PT DJARUM Indonesia. Di situ juga tertulis tempat dan waktu tes akan diselenggarakan. Tapi kok tempat tesnya di Jakarta ya? Setahu gue, Djarum bukannya basenya di Kudus sono? Ah mungkin ini kantor perwakilannya. Ya buat mempermudah proses recruitment, pikir gue.


Beranjak ke paragraph selanjutnya, ini yang paling bikin jidat gue lipet Sembilan belas. di situ dibilang bahwa setiap peserta tes bakal dapat fasilitas penggantian biaya transportasi dan akomodasi (konsumsi dan penginapan). Tapi prosesnya adalah kita pake duit kita dulu, tar digantiin sama PT Djarum. Harusnya sih informasi ini bikin gue seneng, tapi jatohnya malah heran. Masa’ baru tes awal aja udah dikasih fasilitas begini banget yak? Gila. Tajir gila ini PT Djarum (actually, emang tajir sih, tapi gak gini-gini banget deh). 

Gue gak begitu ambil pusing sama pernyataan yang mustahil ini. Gue lanjutin baca lampirannya. Di lampiran ini, isinya daftar nama calon karyawan karyawati yang berhak mengikuti seleksi PT Djarum Indonesia. Cuma ada 20 nama yang tertera di daftar itu. Salah satunya adalah nama gue. Emang sih gue ada kirim lamaran ke PT Djarum lewat alamat email di atas, tapi itu baru tiga hari yang lalu. Masa sih udah diverifikasi terus dipanggil secepat ini? Lagian kayaknya kalopun PT Djarum mau ngadain Tes seleksi karyawan, masa Cuma 20 orang doang? Mubajir banget. Apa iya dari seluruh Indonesia raya merdeka ini cuma 20 orang yang minat dan memenuhi kulaifikasi untuk jadi karyawan PT DJARUM? 

Beranjak ke halaman terakhir. Ini yang bikin gue makin yakin untuk tidak menggubris undangan tes seleksi ini. Oh ya , sebelumnya peserta tes juga diminta untuk konformasi kehadiran melalui SMS dengan format NAMA LENGKAP/DJARUM/HADIR/ atau TIDAK/NO.TES 

Halaman terakhir ini lebih mirip pamphlet biro perjalanan. Kalian udah pasti bisa nebak arah pembicaraan gue. Ya. Tadi gue bilang kalo peserta dapat fasilitas penggantian biaya transportasi dan akomodasi, kan? Nah untuk keperluan transportasi dan akomodasi, peserta tes wajib melakukan reservasi tiket pesawat dan hotel melalui travel yang sudah ditunjuk oleh perusahaan. Batas reservasi adalah jumat, 4 september 2015. Padahal itu email juga baru dikirimkan di hari yang sama. Berikutnya isi surat panggilan ini justru lebih focus ke prosedur penggantian biaya transportasi dan bukannya detail pelaksanaan t es seleksi karyawan. Gue jadi mikir, jangan-jangan 20 orang peserta yang namanya di cantumkan di daftar nama peserta tes bukanlah 20 orang yang bukan hanya memenuhi syarat. Tapi juga yang tinggal di kota yang kalo mau ke Jakarta kudu pake pesawat. Biar langsung kepancing langsung reservasi tiket pesawat. 


Tau gak? Ada catatan yang menerangkan bahwa seragam dan keperluan tes peserta juga sudah disediakan oleh tim seleksi. Buset dah. Mau tes aja pake seragam. Kek masuk TK. 

Mencium ada gelagat yang kurang enak, gue langsung search di google dengan keyword “PENIPUAN PANGGILAN KERJA PT DJARUM”. Bar-bar banget yak gue? langsung main tembak langsung. Tapia pa yang gue dapat justru makin menguatkan opini bahwa ini panggilan tes palsu. Ada banyak orang yang ngerasain undangan tes seleksi palsu kayak gini. Pesan gue nih, OK kita semua butuh pekerjaan. Tapi please, sedikit cerdas dan selektiflah. Pastikan lu gak terbujuk dengan iming-iming yang terlalu menjanjikan dari sebuah perusahaan sehingga bersedia melakukan apa aja. 

JADILAH PENCARI KERJA YANG PINTER! 

Terakhir, gue gak bilang kalo PT Djarum yang melakukan modus panggilan tes palsu ini. Ini hanya ulah oknum tak bertanggungjawab yang menggunakan nama besar PT DJARUM untuk ambil keuntungan. 

n.b

Belom kelar gue nulis postingan ini, tim seleksi abal-abal udah SMS gue aja untuk nengok email soalnya ada panggilan tes. Hahaha. 

Jangan lupa komen ya.

Posted on
Friday, September 4
Filed under:


Subscribe
Follow responses trough RSS 2.0 feed.

8 Comments to “Panggilan Tes Palsu Seleksi Karyawan”


Gan...setuju klo lu butuh kerja..klo mau di tempatq banyak cui...hub ane aja gan

Jelas lah banyak. Wong banyak yg resign 😜

Aaaaas aku baru td pagi dpt email , tp seleksinya di surabaya .. Ini palsu apa ga si ya allah pdhl udh seneng bgt ..

sabar prince..ke Balikpapan aja sudah..mba dah mutasi ke Balikpapan

@ Novi Novalia : Wah, saya gak tau mbak. Tapi setahu saya, Djarum itu kantornya di Kudus. Cek aja dulu kebenarannya.

sebagai org yg pernah ngerasain fasilitasnya djarum selama setaun, iya lah itu bokis banget, tapi yg mau gue bantu klarifikasiin, Djarum emg punya kantor di jkt, dan emg alamatnya di Ks tubun itu,

naaah, yg bikin gue rancu, ngapa ada logo Djarum Foundation di bawah situ? itu label tempat gue bernaung dlu selama setaun, hahaha

Ok, terima kasih rekan Arum atas informasi dan klarifikasinya, sang beswan djarum angkatan jebot angkat bicara. Hahahaha.