Your alt title

rioferi

Gue Pemuda Indonesia, Tapi...




Boleh dong sebagai Pemuda Indonesia, gue punya sifat yang random kayak di bawah ini: 

Masih suka download lagu dan film gratisan meskipun ngaku sebagai pemuda Indonesia yang menghargai karya putera bangsa sendiri. Mohon maaf sebelumnya, ini adalah prinsip ekonomi. Bukan karena gak mampu untuk sekedar beli tiket di bioskop. Mau jadi jutawan sekalipun, mungkin gue masih ngelakuin hal yang sama. Hahaha. Yang gue maksud sebagai prinsip ekonomi adalah “buat apa beli tiket film bioskop mahal-mahal untuk sekali tonton kalo gue bisa download film gratisnya untuk bisa ditonton berulang kali. Telat gak papa yang penting masih bisa nonton. Kamfred kamu yo! 

Bukan berarti gue gak pernah nonton film karya anak bangsa di bioskop. Kalo menurut feeling gue film itu bagus, banyak promonya di acara talk show TV dan radio, trailernya bikin penasaran, terus ada tiket gratis, gue pasti nonton kok. Wong film ‘paku kuntilanak’ aja gue bela-belain nonton di bioskop gara-gara dapet free ticket. Haha. Gak mau rugi. 

Gue lebih sering minta oleh-oleh kalo ada temen yang bilang dia mau traveling dibandingkan mencemaskan keselamatannya dengan mengucapkan ‘hati-hati di jalan ya’ atau ‘safe flight ya’. Bahkan ini juga berlaku untuk temen-temen yang mudik a.k.a pulang kampong menjelang lebaran tiba. Bodo amat mereka mau pulang ke wonogiri kek, salatiga kek, bondowoso, bojonegoro, London, Timbuktu, mau pulang ke planet namek sekalipun gue bakal maintain oleh-oleh. 

Gue baru akan ganti kaos yang gue pake setelah (minimal) 3 hari dipake. Dengan metode ngendus, gue akan memastikan bahwa aroma kaos masih dalam tingkatan yang wajar. Biasanya kalo udah lebih dari seminggu gue pake terus, kadang gue sumbangin ke NATO untuk dijadikan senjata pembunuh masal. 

Bagaimana dengan celana jeans? Begini, gue akan cuci celana jeans gue kalo warnanya udah berubah dari biru donker ke warna ungu bluwek. 

Mayoritas penduduk Indonesia makanan pokoknya adalah nasi. Tapi gue adalah segelintir orang yang sudah beralih ke sumber pangan alternative. Bagi gue, semakin kita banyak makan nasi, semakin banyak karbo yang kita konsumsi. Kalo semua orang makan nasi, sedangkan pasokan beras nasional tidak mencukupi, Negara harus impor beras. Makanya gue beralih ke pangan alternative pengganti nasi dan menjadikannya sebagai makanan pokok. Makanan pokok baru itu adalah MIE INSTAN. 

Sebagai generasi muda yang sadar pentingnya wawasan luas, gue gemar membaca. Gue sering banget bertandang ke gramedia untuk menghabiskan waktu luang untuk membaca. Saking seringnya bertandang ke Gramedia, sampe-sampe satpam ngenalin gue. Mereka seringkali menyapa gue.. 

“mohon maaf, dilarang membaca buku sambil tiduran mas… tolong itu bungkus chitatonya juga dibersihin ya mas. Tikernya tolong digulung.. pintu keluarnya sebelah sana…” 

Gue jarang mandi, karena gue adalah manusia eco friendly yang sangat peduli dengan curah air di muka bumi. Makanya gue hanya gunakan air untuk hal-hal yang penting aja. Apalagi kalo hari minggu. Tahukah kaian bahwa mandi di hari minggu itu adalah salah satu bentuk dari kufur nikmat? Lagian di dalam kamar mandi kan bersarang monster paling menyeramkan. KECOA. 

Ya Gue takut sama kecoa. Jangankan sama yang udah terbang, yang masih jalan santai di lantai kamar mandi aja gue takut. Udah ah. Part ini segini aja. 

Gue gak suka kompetisi. Kalo naik pesawat, gue biarin antrean masuk pesawatnya kosong dulu, baru gue masuk. Entah apa yang bikin penumpang demen banget pengen cepet-cepet naik pesawat. Apa mungkin biar bisa duduk di depan jadi bisa nyampe duluan? Kan enggak. Masing-masing udah punya seat number. Masa iya sih kalo naik belakangan terus duduknya di bangku paling belakang? Emang angkot? Turun juga gitu, pesawat belom berhenti aja udah sibuk buka seat belt terus buka bagasi atas. Lu mau kemane? Takut kalo gak cepet-cepet turun terus pesawatnya mabur lagi? Gue sih enakan tidur dulu sampe sepi. Paling nanti dibangunin sama pramugari. 

Gue gak apal siapa-siapa aja nama menteri yang menjabat sekarang ini. Dan gue butuh google untuk tahu hal tersebut. Bahkan untuk melafalkan teks sumpah pemuda pun google bantu gue. Sedih banget gak sih Indonesia punya pemuda kayak gue? Ah, wong para menteri juga gak apal nama-nama rakyatnya. Jadi impas lah. 

So, kalo gue gak kayak kebanyakan ‘Pemuda Indonesia’ gue gagal dong jadi pemuda Indonesia? Atau mungkin gue butuh disumpahin untuk bisa jadi Pemuda Indonesia? Kalo gak juga gak papa. Gue masih bisa jadi Balveer atau Power Rangers. 

tapi tunggu deh, ngapain gue bikin batasan untuk jadi pemuda indonesia, di naskah sumpah pemuda kan gak disebutin kalo jadi pemuda itu gak boleh takut kecoa, harus rajin mandi, harus dulu-duluan naik pesawat, kan enggak. Yang tertulis justru ikrar bahwa sebagai pemuda Indonesia harus bertumpah darah satu, Tanah air Indonesia, berbangsa Indonesia dan mengakuinya, menjunjung tinggi bahasa Indonesia. Tuh, gak ada yang gue langgar kan? meskipun bahasa indonesia yang gue pake belum sesuai EYD, tapi masih mending lah daripada yang suka nulis disingkat-sigkat atau nulis ala plat nomor kendaraan. Huruf sama angka digabung. 

So, jangan batasi diri lu untuk jadi Pemuda Indonesia. Lakukan hal yang benar dengan cara yang benar. Lu suka numpang pake wifi seharian padahal cuma pesen es teh manis bukan berarti lu dicoret dari daftar pemuda Indonesia. Pemuda Indonesia kan macam-macam. Ada yang kurus, buncit, gemuk, tinggi, pendek, keriting, rambut pomade-an, hitam, putih, yang penting punya jiwa MUDA untuk Indonesia. And you are Pemuda Indonesia. 

Posted on
Wednesday, October 28
Filed under:



Subscribe
Follow responses trough RSS 2.0 feed.

2 Comments to “Gue Pemuda Indonesia, Tapi...”


Bolehlah kita adu kemampuan mengendus, hahaha, sama satu lg, jgn sering2 makan mie bro, bahaya haha

Adu ngendus? Boleh, tapi lo endus punya gue. Gue endus punya lo. Haha. Bahaya? Iya. Tapi enak juga iya. Gmn dong??