Your alt title

rioferi

Wisata ke Tawangmangu Mengesankan

Gue memang suka banget dengan alam. Bukan. Bukan alam penyanyi dangdut yang palanya goyang-goyang pas nyanyi mbah dukun itu. Tapi maksud gue adalah alam tempat kita bisa berwisata. Apalagi wisata air such as pantai, air terjun, danau, dsb. Selagi masih muda, gue berusaha untuk menyempatkan diri mengunjungi tempat-tempat wisata air. Minimal yang ada di sekitar gue. Solo adalah kota yang dikelilingi oleh kabupaten dan kota lainnya. Misalnya saja sukoharjo, karanganya, sragen, klaten dan dekat pula kalo mau ke jogja. Jogja kan punya beberapa pantai yang terkenal. Tawangmangu yang terletak di kabupaten Karanganyar, Jawa tengah juga punya wisata air berupa air terjun yang ciamik. Pengen rasanya ke salah satu pantai di Jogja atau mengunjungi air terjun di tawangmangu untuk refreshing dari kesibukan kuliah dan organisasi. 

Pergi ke pantai atau air terjun bagi gue lebih enak kalo rame-rame sama temen. Kalo pergi sendiri, gue takut nyasar, biarpun jalannya lurus juga. Hehehe. Mau ngaku nih kalo musuh terbesar gue adalah rute. Paliiiiiing susah kalo disuruh hapalin rute. Pernah suatu hari, gue pertama kali main ke rumah salah satu sahabat, saat itu si empunya rumah gue boncengin dan sekaligus jadi penunjuk jalan. Dia tinggal di sebuah perumahan di daerah Grogol, Sukoharjo. Bagi orang awam, itu perumahan biasa aja. Bagi gue, itu perumahan kayak labirin. 

piye? Adoh pora?” (gimana? Jauh gak?) tanyanya pas nyampe rumah sambil nyopot kepala helmnya. 

adoh sih ora, menggok-menggok kui lho.. (jauh sih enggak, belok-beloknya itu lho..)“ jawab gue 

A few days later, gue mau main ke rumah dia. Kali ini gue berangkat sendiri dari rumah. Sampe di gerbang perumahan dia, gue berhenti untuk sejenak menelan ludah sambil berdoa semoga gak nyasar . Kan gak lucu kalo tiba-tiba nanti gue justru nyasar ke Taman Satwa Taru Jurug, ntar bisa reuni akbar. Gue mutusin untuk nyoba melalui jalanan komplek perumahan tanpa panduan via telepon dari onyet, si sahabat yang punya rumah. Baru dua belokan, gue udah ngerasa gue nyasar, soalnya malah gak nyampe-nyampe. Perasaan rumahnya gak terlalu jauh dari gerbang depan. Walhasil, bagaikan peserta kuis who wants to be a millionaire, gue ambil pilihan bantuan phone a friend. 

Gue : “nyet! Kayaknya gue nyasar nih.. tolongin doong” 

Onyet : “Lah, lu sampe mana emangnya?” 

Gue : (sambil celingukan nyari venue yang bisa dijadiin patokan) “gue di deket rumah dokter gigi anna. 

Onyet : Ya ampuuuun.. koe nyasar adoh banget!! Puter balik, terus kalo ketemu Jln Samiaji, masuk, habis pos satpam, belok kiri. Tak enteni ngarepan omah wes. 

Gue : perlu gue catet gak nyet? 

Onyet : Gak usaaaaah! 

Gue : OK OK 

*klik* Gue matiin Hp. 

Sambil terus merapalkan nama jalan dan clue navigasi yang dikasih tau onyet kayak dukun baca mantra, gue puter balik. Gue mengendari motor dengan kecepatan maling yang lagi nyari sasaran operasi, biar bisa baca nama jalan satu persatu. Untung gak diteriakin maling sama warga komplek. Kan ogah kalo harus dibakar hidup oleh masa. 

Singkat kata, setelah diplototin satpam, gue sampe juga di rumah onyet. Dan ternyata yang nyambut gue bukan hanya si Onyet, nyokapnya juga ikutan nyambut di depan rumah. Macam nyambut keluarganya yang pulang dari bulan. 

Onyet : “sangaaaaaarrr.. akhire tekan juga. Nyasar tekan ndi mau? hahaha” 

Gue : “tekan JURUG” 

Onyet : “hahahaha.. ayo mlebu..” 

Tuh. Parah banget kan kemampuan gue untuk menghapalkan rute? Sebenernya ada sih yang lebih parah, gue malahan sempet nyasar di DALAM RUMAH sahabat gue yang lain. Keluarganya kelewat tajir sampe bangun rumah luasnya kayak stadion GBK. Gue yang saat itu ada di ruang makan, mau ke toilet. Pas nanya sama pembantunya, ditujukin lah arah ke toilet, nemu sih. Nah baliknya gue nyasar. Malah nimbus ke ruang laundry lah, teras samping, untung ketemu lagi sama si bibi. Jadilah gue bahan tertawaan. Sial! 

Itulah alasan kenapa kalo pergi jauh, lebih baik gue sama sahabat. Biar navigasinya bener! 

Maka, hari itu, ajakan inem untuk pergi ke Air Terjun di Tawang mangu, gak gue sia-siain. 

Inem : “Yoooooooooooooooooo….. (deuh biasa aja kali nem ‘o’nya) ke TW (Tawangmangu) yuk” 

Gue : “AYOOOOOOOOOOOOOOOOOOKKK! (gak kalah heboh ‘o’nya) bareng siapa aja nem? Naik apa ke sana?” 

Inem : “Lu tenang aja, akomodasi udah Ganjar yang atur. Pake mobil bokapnya” 

Gue : “bertiga doang nih? Cumi gak lo ajak?” 

Inem : “udah gue ajak, dan gue yakin lo udah tau juga jawabannya…” 

Gue : “onyet gimana?” 

Inem : “dia kan ada kuliah sore…” 

Gue : “fix! Bertiga aja!” 

Siang itu, ada mobil box tua yang klakson secara brutal di depan rumah. Karena keganggu, ngelongo lah pala gue di jendela untuk lihat mobil siapa itu. Mobil box ringsek aja gayanya belagu banget. Pas kaca mobil di buka, walah jabangbayik! Ternyata Ganjar sama Inem ada di dalam mobil itu. 

Inem : ayo yooo.. kita naik ini!! 

Gue pandangin itu mobil dari kiri ke kanan, depan ke belakang, atas ke bawah hingga diagonal kiri sampe kanan. Speechless. Bukannya mau sok kaya dengan memandang sebelah mata mobil box yang dipake Ganjar dan Inem untuk jemput gue. Tapi gue justru ngebayangin perjalanan kita kali ini bakalan seru banget. Mobil kita eh mobil ganjar eh mobil bokapnya ganjar ketjeh!

kalo kalian mau ngebayangin bentukannya mobil ganjar, kalian tau Optimus Prime dari film Transformers? nah, mobil ini tu gak mirip sama itu. Kalo dipaksa mirip pun, versi Optimus prime kena encok, asam urat sama diabetes.  



Berangkatlah kita ke Tawangmangu sekitar pukul dua siang. Benar adanya, perjalalan kami ke Tawangmangu sungguh warbiasa! Tenangnya batin karena Ganjar udah pasti apal jalan ditambah banyolan criminal yang kita lontarkan secara sarkas menambah hacepnya perjalanan. 

Gue : “kok cumi gak ikut kenapa?” 

Inem : “Lo tebak deh,,” 

Gue : “Eumm.. yang paling sering jadi alasan sih, lantaran panas…” 

Inem : “hahahaha.. itu tauuu” 

Gue : atau jangan-jangan dia ilfil kali lantaran lo jemput pake mobil penculik kek gini..HAHAHA” 

Ganjar : “asem kowe! Jelek-jelek gini bisa nganterin kita ke tawang mangu lho..” 

Gue : “iya dah, gue bangga kok menjadi salah satu bagian dari sejarah. Pergi ke Tawangmangu naik prototype mobil. “ 

All : HAHAHHAA…… 

Sesampainya di tawangmangu, kita nyempetin untuk mampir makan sop tulang yang enyaaaak syekaliii. Ditraktir Ganjar pula. Pas mau nambah lagi, ganjar mengultimatum “mangkok selanjutnya lo bayar sendiri”. Ternyata dia paham jika porsi makan gue dikonversi ke satuan mangkok, jatohnya bisa belasan, bahkan puluhan. Gue yang gak bawa duit sepeserpun akhirnya cuma mengelus perut sambil meminta maaf pada naga piaraan yang bersemayam. 

Sampai di wisata air terjun, udah sepi. Ya iyalah, wong itu satu jam menuju wisata air terjun ditutup. Tapi kita nekad masuk. Selesai ganjar bayarin karcis, kita masuk area wisata dan harus menuruni ribuan anak tangga untuk sampai di venue air terjun sesungguhnya. Sampai di venue, sumpah air terjunnya edan apik tenan. Pengennya sih mandi, tapi sayang gue gak bawa baju ganti. Udah gitu, cuaca dingin banget. Kita cuma bisa ngelihatin dengan takjub air terjunnya sambil main air sesekali. 

Gak sampe di situ, Ganjar juga ngajak naik bukit di sebelah air terjun. Mau take a picture katanya. Oke, kita nurut. Lumayan lah bisa duduk-duduk di bebatuan besar di sekitar bukit. View yang bagus untuk foto-foto. Dengan berbekal pendidikan kami bertiga di ajang America’s next top model, pengambilan foto diambil dengan gaya yang luar biasa aduhai. Jangankan model fotonya, yang ambil foto aja gayanya gak kalah, sampe pose kayang pun dilakukan demi kualitas fotografi yang…. biasa! 

Pukul lima sore, petugas penjaga area wisata memperingatkan pengunjung untuk segera menginggalkan area wisata karena akan ditutup. Kami bertiga pun harus kembali melewati anak tangga yang jumlahnya hingga ribuan (serius!). Mana tangganya berkelok-kelok lagi, jadi setiap selelsai menapaki anak tangga dan menemui belokan, gue berharap itu adalah susunan anak tangga terakhir dan segera menjumpai gerbang depan. Tapi apa daya. Justru yang nongol susunan anak tangga yang lebih panjang dan menanjak. Gue, Inem dan Ganjar terengah-engah saat menaiki anak tangga. Saat capek seperti itu, ada satu petugas yang jalan dengan santai melewati kami. 

“ayo mas.. mbak.. yang semangat, nanti kalo kelamaan, tak kunciin dari luar lho..” 

Ganjar yang dilanda rasa capek luar biasa (apalagi dia perokok berat) langsung nyeletuk bengis saat denger pernyataan si petugas area wisata. Dengan napas yang terkesan mau habis, dia bilang : 

“Semangat.. hah... hah… NDASMU KUWI!! Hah.. hah... hah.. AS*!! Hah.. hah.. hah.. JANGKR*K!! hah.. hah.. hah..BA.. hah.. JINGAN.. hah.. hah.. 

Gue sebenernya pengen ketawa, tapi sumpah gak sanggup lagi ngeluarin energy untuk ketawa. Akhirnya gue hanya terkekeh dengan napas ngos-ngosan. 

After otot kejang, kaki bengkak dan kayaknya juga paru-paru gue jatoh sebelah, kita bertiga sampe di depan pintu gerbang, kita istirahat di muka warung yang masih buka. Kami memulihkan diri dengan meminum sebotol minuman isotonic. Sambil minum, gue mengarahkan pandangan ke arah gapura pintu gerbang. Ada tulisan di sana. 

‘SELAMAT ANDA TELAH MENAIKI ANAK TANGGA SEBANYAK 2500-an ANAK TANGGA. SEMOGA ANDA SELALU SEHAT SENTOSA” 

Ngelihat ini, Ganjar tambah mengumpat. Keluar lah itu absensi penghuni Kebon Binatang dari A sampai Z. hihihi. 

Belum sempat capeknya ilang, ternyata hujan gerimis mengundang. Alhasil kita bertiga harus segera lari menuju parkiran mobil yang jaraknya cukup jauh. mana jalannya menanjak lagi. Kayaknya habis ini gue harus sewa tukang urut dah. Pas lari-lari, di tengah perjalanan kita dihadang beberapa ekor monyet. Daerah itu memag masih banyak monyet yang berkeliaran. 

“Lewat aja Mas.. mbak.. gak papa. Monyetnya jinak kok” kata salah satu penjual oleh-oleh di pinggir jalan. 

Mau jinak kek, mau baek kek. Gue bukannya takut. Gue geli. MAMAAAAAK.. 

Kita bertiga sampai di mobil dalam keadaan lumayan setengah basah kuyup (gimana itu ya) dan pulang dalam keadaan setengah menggigil pula. Mana gue pake kaos sama celana pendek pulak! Haduuh. 

Pengalaman ini pun besoknya Kita ceritain ke Cumi. Dia kayaknya menangkap sensasi keseruan di dalam perjalanan gue, ganjar dan inem. 

“atulah urang diajakin mun ulin mah… da abdi mah hayang ulin” 

GUE and INEM : “PAN KEMAREN UDAH DIAJAKINNNNNN SRIWCUMIIII!!! DASAAAAAAAAARRR” 

Posted on
Thursday, December 17
Subscribe
Follow responses trough RSS 2.0 feed.

12 Comments to “Wisata ke Tawangmangu Mengesankan”


Ahahaahhahahaaaaaaaaaaa buseeeettttt masih inget aja, lo masih nyimpen hp yg ada sms kita2 ya! Sempurna ceritanye NYET! Ahaahhahaha

Masih lah... Gak mungkin gue lupa.. Momen itu harus diabadikan.. Ha ha

Halo, boleh minta alamat emailnya? saya Ricka (ricka.shintayu@wearepinnacle.com) ingin menawarkan kerjasama, terimakasih

Anonymous

@ mbak ricka : kerjasama apa mbak??

pengalaman yang gak bisa dilupakan hhihi

@Titis : Gak bisa dan gak mungkin dilupakan O_o

musuh terbesarnya rute ya? Hahaha, podho lek ngono. :D

Btw, templatenya keren mase! :D

@ Michael David : Piye nek kita bikin komunitas? Sepertinya menarik. Haha.
Suwun lho, dipuji lho templateku. Tapi yen dibuka neng Hp, rodo morat marit.

Huaaa sayang ini nggak ada fotonya, padahal pengin lihat Tawangmangu seperti apa :D

@Evi Sri Rejeki : googling aja mbak.. Banyak kok referensinya.

hahahahahahah....dasar elo si Peri...udah pake kaca mata masih aja nyasar.....

@Babe Eka; apa hubungannya ya be, antara pake kacamata sama gak boleh nyasar? Kalo gitu, entar pake kaca nako aja.