Your alt title

rioferi

Malu Mengingat Sesat di Mangkok Mie

Hidup di Luar negeri emang beda sama hidup di Indonesia. Yang paling gue concern sih, pasti makanannya beda. Hari ini gue ketemu dan ngobrol sama seseorang yang baru pulang dari Vietnam. Dia cerita bagaimana pengalamannya selama di Vietnam. Menurutnya, di Vietnam, susah banget untuk cari makanan halal. Katanya, di Vietnam mayoritas rumah makan masih menjual pork atau minimal pasti ada kandungan pork dalam masakannya. So, untuk mempermudah hidup di Vietnam, dia bawa peralatan tempur sendiri semisal rice cooker, beras, rendang awetan, mie instan, dll. Dia masih mending, berdasarkan ceritanya, temennya yang gak punya persiapan bekal sendiri, harus rela keliling kota untuk sekedar nyari makanan halal. Begitu nemu, ketemunya cuma jagung rebus. Jadilah selama seminggu dia cuma makan jagung rebus. Pulang ke Indonesia langsung jadi Vegetarian nih pasti.

Pas gue pikir-pikir, gimana kalo gue yang harus ke Vietnam. Otak gue langsung kasih instruksi bahwa masih ada makanan yang bisa gue bawa dan makan di manapun gue menetap. Ya, Pop Mie. Hahaha. 

Bicara masalah pork, gue emang gak makan makanan itu. Tapi ada pengalaman yang bikin gue secara gak sengaja makan makanan yang ternyata mengandung pork. Kejadiannya pas masa-masa gue kuliah dulu. 

Malam itu, gue, inem dan onyet lagi ngerjain tugas kelompok salah satu mata kuliah. Saking asiknya ngobrol ngerjain tugas, udah tengah malam. Pas mau beres-beres, Ganjar yang nemenin kita ngerjain tugas, ngajakin makan. BTW Ganjar ini kakak tingkat kami. pacarnya inem. Gue sih niatnya nolak, tapi inem keburu baca gelagat gue dan dia bilang “gak usah belaga nolak deh lu yo. Ganjar yang traktir kok”. Gue lirik ganjar. Dia lagi ngintip dompetnya sambil telen ludah. *glek* 

Berhubung habis hujan, enaknya emang makan yang panas-panas. Ya semacam sop omongan tetangga atau nyinyiran keluarga pake kuah. 

Ganjar langsung rekomendasiin salah satu kedai mie godog yang enak langganan dia. 

Ganjar : gimana kalo kita makan mie godog aja? di tempat langgananku. tak jamin enak.. 

Gue : mie godog? Mie kuah gitu ya? 

All : Masa siiiiiiih?????!! 

Gue : Hahaha. Biasa aja kali. Lagian hari-hari udah makan mie instant, masa sekarang mie lagi? 

Inem : terus lu maunya apa? 

Gue : Pengen sushi.. 

Onyet : ngaco! tengah malam gini kemana nyari sushi? 

Ganjar: di bilangin ke tempat mie godok langganan gue. Dijamin O.K deh. 

Gue : ya udah ayok. Daerah mana warung mie-nya? 

Ganjar : Bekonang.. 

All :buseeet!! Gak ada yang lebih jauh??!! 

Berhubung Ganjar adalah orang dengan jiwa marketing yang tinggi ditambah lagi dijanjikan dia yang bakal traktir, akhirnya kita setuju untuk berangkat ke bekonang di tengah malam yang masih nampak gerimis-gerimis kecil sehabis hujan. Dingin bro! brrrr.. 

BTW buat kalian yang gak tau dimana itu bekonang dan kenapa awalnya kami keberatan makan di sana, gue jelasin dikit. Jadi Bekonang itu salah satu kecamatan di Sukoharjo. kabupaten tetangganya Solo. Dari Solo ke Bekonang kira2 makan waktu 45 menit. Kebayangkan tengah malam harus ke Bekonang cuma demi makan mie godog a.k.a bakmie rebus? 

Gue boncengan sama onyet. Cewek centil hobi makan takut gemuk. Dia yang bawa motor. Gue gak mau kena kanker paru-paru gara-gara menerjang angin malam tanpa jaket. So, akhirnya onyet harus rela jadi ojek gratisan malam itu. Onyet ini kalo bawa motor gak santé banget. Ganjar (boncengan sama inem) yang jadi pemandu sorak jalan aja beberapa kali ketinggalan. Akhirnya onyet memperlambat laju motornya untuk nungguin ganjar. Tapi setelah ganjar berhasil memimpin di depan, onyet sengaja gas pol lagi dan ganjar tertinggal jauh lagi. Gitu aja terus sampe upin ipin gede. Lagian si ganjar, mentang-mentang lagi kasmaran sama inem, bawa motor pelan banget. Disalip bulus kapok! 

Di tengah perjalanan, pas ngelewati jembatan besi yang banyak pohon bambunya...

Onyet : barusan ngerasain sesuatu gak? 

Gue : iya nyet.. ini perutku udah keroncongan dari tadi 

Onyet : tsk, bukan itu! Tadi pas dijembatan kayaknya gue ngelihat yang halus-halus deh. Bulu kuduk gue merinding 

Gue : *reflek langsung pegang erat-erat helm si onyet* KYAAAAA ONYEEET!!! 

Gue teriak kayak anak cewek yang kepang rambutnya dijambak.

Gue yakin ‘yang halus-halus’ yang onyet maksud adalah makhluk ‘itu tuh’ bukan gula pasir alus buat ditaburin ke donat. FYI, onyet adalah temen gue yang emang punya anugerah khusus bisa ngerasain kehadiran bahkan bisa lihat mahluk-mahluk yang tak kasat mata. Dia nih kalo udah mulai bilang “lo tau gak sih kalo di pojok sana ada..” maka gue akan langsung jawab “nyet, udah dulu ya, kanyaknya gue dipanggil nyokap deh. Bye!” hahaha. 

O.K balik ke cerita perjalanan. Setelah momen ‘penampakan’ itu, lama-lama-lama-lama kemudian kita sampe di warung mie godog yang diceritain Ganjar. Hujan belom berhenti sempurna, masih ada sisa-sisa tetesan air yang cukup deras. Empat porsi mie godog special plus empat teh panas udah kita pesen. 

Begitu pesanan terhidang di meja, tanpa komando, kita berempat langsung ngelahap mi godog di mangkok masing-masing. Emang bener apa yang ganjar bilang, mie godognya enyaaaaaaaaaaaaaak syekaleeeeeeeeeeeeeeeeeeee. Sumpah. Bahkan sepanjang gue nyendokin itu mie godog, tanpa sadar gue merapalkan kata-kata “wah iya nih, enak, enak..” sampe sendokan terakhir. Rasa nikmat ditambah cara makan gue yang ala soang, suap langsung ‘glek’ a.k.a telen tanpa kunyah membuat gue jadi yang pertama menghabiskan seporsi mie godog. Pas gue lirik mangkok punya yang lain masih lumayan penuh, ada hasrat ingin nyomot sono dan sini. Tapi gagal, mereka udah bikin pertahanan supaya gue gak bisa nyomot mie godognya. Dasar pelit! 

Gue : ih, pelit banget! gue masih lapar nih.. Njar, gue boleh nambah gak? 

Ganjar : boleh, asalkan lo bayar sendiri mangkok tambahannya. 

Gak jadi nambah. Langsung ngerasa kenyang seketika. 

Setelah semua buncit kekenyangan dan selesai tepuk-tepuk perut, ganjar nawarin untuk main ke halaman belakang rumahnya sekalian begadang. Toh besok libur. Kita pun setuju. Kalo kalian pernah lihat film atau baca novel “5cm” kalian pasti paham secret garden. Ganjar ternyata punya juga secret garden ala-ala. Bedanya bukan terletak di halaman rumah pribadinya, lebih ke lapangan yang dipake warga untuk ngumpul. Semacam alun-alun mini gitu lah. 

Setelah lewat lorong-lorong perumahan, sampailah kita ke sebuah halaman luas yang di tengahnya ada lapangan basket dan ada gazebo di tepinya. Kita langsung duduk di gazebo. Berniat dengan sungguh untuk begadang menghabiskan malam dengan beberapa permainan gokil. 

Lagi cari posisi wenak di gazebo, datang mas dewo, tetangga Ganjar yang kayaknya mau join sama kita begadang bareng. 

Mas Dewo : Weeeh dari mana nih kalian? 

Gue: habis makan mie godog mas, terus males pulang, akhirnya main ke sini. 

Mas Dewo : Mie godog mana? 

Ganjar : Bekonang.. 

Mas Dewo : Sing cedak jembatan? Sebelahe konter pulsa? (Yang deket jembatan? Sebelahnya konter pulsa?

Ganjar : Ho'oh

Mas Dewo yang awalnya berdiri langsung ambil posisi duduk sila kek guru silat mau kasih petuah.

Mas Dewo : lho, piye to njar? kan mie kono iku nganggo babi. Kan kowe wis tak omongi.. malah gowo koncomu rono (Lu gimana sih njar? Mie rebus situ kan pake babi. Kan udah gue bilangin. Malah bawa temen ke sono)

Gue, inem & Onyet : HAA?? Beneran Mas Dewo?! 

Mas Dewo : Tenan. sumprit. ganjar wis tak omongi lho padahal.  

Ganjar : *tepok jidat* *plak* oh iyo! Lali aku wo! Hehe.. sorry ya teman-tem.. 

Terlambat, 

Gue, onyet dan inem udah memicingkan mata ala ibu tiri jahat ke arah ganjar. Anak ini udah kami dakwa melakukan kejahatan menjerumuskan kami untuk menelan makanan yang mengandung unsur yang selayaknya kami hindari. 

Bisa ye lu ketawa ngekek setelah menjerumuskan kami? Dasar Ganjaaaar! Sini Lo gue Kamehameha!


Posted on
Thursday, April 28
Filed under:



Subscribe
Follow responses trough RSS 2.0 feed.

4 Comments to “Malu Mengingat Sesat di Mangkok Mie”


Hahaha, lucu pengalamanya, kalau mie godog saya baru denger sih, pernahnya makan mie dogdog burjo depan rumah. apa mie godog dan mie dogdog itu sama?

@Zuhdhi : mie godog itu adalah bahasa gaul dari mie rebus. Hehehe. Tapi bukan mie instant rebus. Memasaknya perlu effort :p

aaaw... tapi mau diapain lagi, udah terlanjur dimakan, lupa gak apa2 kan yak hehhehe

@puputs : iya sih. Kalo lupa kayaknya gak papa. Ah sudahlah. Trims udah mau mampir.