Your alt title

rioferi

Basa-basi soal tempat kerja

Hai semua.

Setelah cukup lama terpuruk terpenjara dalam goa di gunung sunyi tempat hukuman para dewa, akhirnya gue beraniin untuk login lagi ke blog dan here I am writing something for you

Actually gue males banget untuk mulai ngeblog lagi. Tapi entah kenapa beberapa hari ini, beberapa temen ngasih motivasi untuk mulai lagi. Thanks buat kalian teman, sekarang bolang nulis lagi berkat kalian. 

Gue ini kan tinggal di kos-kosan ya, jadi for your information aja nih, gue lagi ngetik sambil diiringi musik dangdut pantura yang saben gue selesai ngetik satu kalimat, temen gue langsung teriak "Asik-asik, JOSSS!!". Tapi mayan juga buat nemenin ngeblog. Itung-itung jari-jari gue punya alasan untuk goyang lebih aduhai di atas keyboard laptop. 

Gini, sesuai dengan judulnya, Gue mau bahas sesuatu yang sering kita alami. Khususnya gue yang sering-sering pindah tempat kerja dan kos-kosan, sehingga menuntut gue untuk kenalan sama orang baru. Tiap kita kenalan dengan orang baru, pasti ada beberapa pertanyaan yang paling sering ditanyain soal tempat kita kerja/kuliah. Yah semacam template pertanyaan yang mainstream gitulah. Bahasa gaul desa cikojongnya sih frequently ask and question. Coba simak di bawah ini ya

Pertanyaan Pertama yang menggiring ke pertanyaan-pertanyaan selanjutnya adalah "Sudah kerja atau masih kuliah?"
Ini pertanyaan opening sebelum lari ke pertanyaan-pertanyaan lain. Kalo lu jawab lu masih kuliah, ya pertanyaannya bakal menyinggung soal tempat kuliah lu. Nah kalo lu udah kerja, ya pertanyaan selanjutnya juga bakal seputaran tempat kerja lu. 

"Di mana itu?" 
Nah kalo pertanyaan ini terlontar ketika jawaban atas pertanyaan kita bikin si penanya gak paham. Kemungkinan karena tempat kita kerja/kuliah sebenernya skala international/nasional tapi yang dikenal adalah produknya, bukan nama perusahaanya. Gue aja pas kenalan sama orang dan kasih tahu di mana gue kerja, Gue malah dikira kerja di perusahaan distributor susu segar. Alakazam memang penafsiran orang atas nama perusahaan gue. Tapi begitu gue menyebutkan produk utama perusahaan gue, itu orang langsung paham. 

"Kenal sama si fulan gak?"
Kalo dari film Barbie yang gue tonton, Barbie pernah bilang adalah orang asing itu gak ada, yang adalah teman yang belum kita temui. Artinya secara gampangnya, kenalan kita itu bisa jadi kenalan dari kenalan kita juga. Paham? bagus! enggak? Lupakan!

Setiap orang yang udah tahu tempat dimana kita kerja/kuliah,mereka mulai mengidentifikasi orang yang dia kenal yang juga kerja atau kuliah di tempat yang sama dengan kita. Sebenernya ini gak masalah sih, masalahnya cuma kadang orang yang dia tanyain itu gak ada di jangkauan kita karena berada di divisi yang gak bersinggungan sama kita (beda jurusan yang letak kampusnya di ujung utara sedangkan kampus kita di ujung selatan). 

Kalo jawaban kita kenal, obrolan berlajut soal "gimana dia kalo di kantor? dia orangnya gini gak sih kalo di kantor/ di kampus?" Nah, kalo jawabannya "gak tau", jangan sedih, si penanya bakal tanya lagi, "masa sih? satu kantor(/kampus) masa gak kenal?". Si penanya pun akan semakin berusaha untuk membantu kita mengidentifikasi kenalan dia dengan "itu lho orangnya yang bla bla bla bla". 

"Ada lowongan gak di tempat lo?"
Ini kayaknya khusus untuk yang udah gawe. Ada beberapa kemungkinan si penanya nanya kayak gini. Pertama, dia adalah job seeker, so lumrah kalo dia nanya ada lowongan apa enggak di tempat kita kerja. Kedua, dia desperate sama tempat kerjanya yang sekarang. Entah karena gajinya yang gak cukup buat nyicil apartemen di P*d*moro group, lingkungan kerja atau sebab lain. Ketiga dia nyoba nyariin kerja sodara atau temennya. 

Herannya sama orang yang nanya kayak gini adalah gak paham posisi kita apa di perusahaan. Kalo HRD atau recruitment sih OK, otomatis paham. Nah kalo kayak gue gini ditanyain kayak gitu, ya meneketehe. Kalo lu tanya soal apa warna kaos kaki boss gue hari ini, gue paham. Hari ini pake shocking pink. Kemaren ijo neon. 

"Dulu aku juga pernah di situ, gak enak! Kamu betah di situ?"
Setelah pernyataan dan pertanyaan ini muncul, apapun jawaban kita, penanya akan mulai untuk mengungkit masa lalu dia selama kerja di perusahaan yang sama dengan kita pada masanya. Biasanya sih hal negatifnya yang paling banter diceritain. Hahahaha. 


Kayaknya segini aja deh. Atau ada yang lain? Coba komen ya. 
Lu tau kan type gue dalam menulis? hit and run. Gue gak pernah tuh namanya baca ulang apa yang gue tulis. Pokoknya selesai yang langsung publish. Jadi sorry mayori kalo banyak typo.

Doain gue rajin posting ya. Biar gak sia-sia bayar domain. Teteup!

Posted on
Saturday, November 12
Subscribe
Follow responses trough RSS 2.0 feed.

One Comment to “Basa-basi soal tempat kerja”


bener juga
kadang bingung kalo ditanyain seperti itu