Your alt title

rioferi

I love you, Dora Milaje

Ya meskipun gue gak tau udah berapa lama Black Panther nongol di bioskop Indonesia, tapi gue mau bahas film kece ini. Gue bukan mau nulis ulasan ataupun review soal Black Panther ya. Gue cuma mau ceritain apa yang terlintas di pikiran gue pada saat dan sesudah nonton film Black Panther.

Kalian udah nonton belom?
Kalo belum ti-ati lah kalo baca postingan ini, kali aja gue khilaf gak sengaja nulis spoiler. So resiko ditanggung sendiri.

Jadi ini pertama kalinya gue beli tiket dengan aplikasi pembelian tiket online yang difasilitasi oleh salah satu aplikasi ojek online (ojol). Which is gak perlu antre untuk beli tiket. Awalnya gue pikir ketika beli tiket bioskop via app ini, nantinya bakal ada driver ojol yang terima orderan, dan dia yang bakal antree. hahaha. what a moron opinion. Ternyata bener-bener real self-ticketing. Setelah kita pilih Bioskop, judul film, jadwal dan tempat duduk, maka proses selanjutnya adalah pembayaran. Untungnya bisa dibayar via e-cash. Dan terakhir adalah pengiriman kode booking yang nantinya bakal jadi kode untuk cetak tickets di venue. Jadi gak ada tuh di-antree-in sama abang ojolnya. Hahaha.

O.K mari kita tinggalkan pembahasan yang akan makin memperkuat opini bahwa gue masih katrok.

Bagi kalian yang sudah nonton film Black Panther atau iseng baca sinopsis sebelum nonton, pasti punya tokoh favorit di film ini. Contohnya gue yang mendadak jatoh cinto sama Mbakyu Okoye. Buat anak generasi 90-an kayaknya gak asing dengan istilah Boski atau botak seksi. Ya ini, penggambaran nyatanya boski.



Sepintas aja soal mbak Okoye ini, dia adalah Jendral Pasukan Khusus di Wakanda. Namanya Dora Milaje (tulisan ini murni hasil ingatan dan buah pikiran, jadi kalo ada yang salah, wajar lah. Gue gak nulis buat media massa manapun. haha.). Kalo gue liat, Dora Milaje ini loyal banget (kelewat banget malah) sama negaranya. Mereka akan melakukan apa aja untuk melindungi Negara dengan ketentuannya yang amat kuat. Nah sebagai pimpinan Dora Milaje, kalian pasti tau kan kadar loyalitasnya doi gimana sama negaranya? Paten lah! 

Mbakyu Okoye

Okoye & Dora Milaje

Saking loyalnya sama Negara, Bahkan Okoye gak ragu untuk tempur melawan kekasihnya, W'Kabi. Bukan, bukan berantem karena Okoye sebel sama W'Kabi lantaran Okoye pengen tidur pake kipas angin nah W'Kabinya gampang kedinginan, terus berantem. Gak serumit itu kok. Ini cuma karena hal kecil. Okoye ikut aturan negara karena loyalitas, nah W'Kabi ikut aturan penguasa baru dengan tujuan menaklukan dunia. Cuma gara-gara itu aja kok. 

Ketika sudah pada sampai klimaks adegan fighting antara Okoye dan W'Kabi, W'kabi sempat nanya ke Okoye, apakah Okoye bakal bunuh W'kabi demi Negaranya? Nah jawaban dari mbak Okoye adalah : 

W'Kabi: You would kill me my love?
Okoye: For Wakanda? Without Question. (sambil tetep menghunuskan tombaknya.)

Aak.. sumpah keren pisan euy. Ini pasti makyu Okkoye waktu sekolah di SMA 1 Wakanda, ikutan paskibraka dan kalo paling OK gayanya waktu upacara dengan sikap sempurna. Mantap Soul!.

Selain Okoye, masih ada Nakia (gebetannya si Black Panther) yang juga yahud soal fighting. Di film ini emang banyak adegan cewek pegang tombak, cewek kelahi, cewek naik ke kap mobil sambil pegang tombak padahal itu mobil lagi melaju kenceng, tapi juga diselipin adegan romantis sebagai sisi humanis untuk tetap mengingat bahwa mereka juga wanita. Ih, kok bahasan gue ke sini-sini ya? haha. Bawa-bawa soal cinta. Kayak ngerti aje. 

Tapi gue jadi kepikiran, memang sih Okoye ini setia banget sama Negaranya. Patuuh sama aturan yang udah dibuat sejak doeloe kala. Dan jika ditanya pilih mana antara kekasihnya dan negaranya, maka dia lebih pilih negaranya. Gue jadi inget three Musketeers. Cinta nomor dua, negara numero uno. Tapi, meskipun Mbakyu Okoye ini menomorsatukan Negara, bukan berarti dia gak bisa cemburu. Bayangin aja kalo orang kayak Okoye ini dikhianati oleh pasangannya yang kesemsem sama Pelakor. wakakakakakakakak. Gak kebayang gue itu pelakor diapain. Mungkin bakalan dilempar tombak dari jarak satu kilometer kali ah. Hahaha. Kalo di Indonesia lagi ngehits soal Bu dendy yang kasih "treatment" ke pelakor dengan lempar lembaran duit seratus ribuan, maka kalo di Wakanda ada pelakor, Maka tugas dari Dora Milaje adalah lempar tombak dan panah beracun. Hati-hati kawan.


Tombak anti Pelakor

Okoye juga bukan tipe wanita yang bisa tinggal di Indonesia dimana biasanya setiap komplek perumahan ada ibu-ibu julid. Takutnya Okoye jadi bahan gosip baru ibu-ibu komplek. 

Bu yayuk : "bu ida, udah tau belum penghuni baru di komplek kita? Ih serem, palanya gundul, matanya merah menyala, bawa tombak kemana-mana. saya yakin dia perempuan gak bener. Pasti dia pesugihan hantu jambrong"

Gak lama setelah ngomong gitu, *syuuuuuuuuuuutttt.. jleb!* ada tombak mendarat di paha Bu yayuk. 

Oh ya satu hal yang gue dapet dari pemeran utama, T'Challa, si Black Panther. Dia sempat pake baju yang kalo di Indonesia disebut baju Koko. Nah ngeliat fenomena meldaknya film Black Panther, maka gak bisa dielakkan lagi kalo nanti bakal ada tren Baju Koko Black Panther, Baju Koko King T'Challa, Baju Koko Wakanda. Waktu King T'Challa pake baju 'Koko' item nongol di film, gue masih biasa aja, nah pas diang nongol pake baju 'Koko' warna putih, alamak gue kaget. Gue pikir dia mau jumatan. Haha. Mengingat "Baju Koko Black Panther" lebih gampang diucapin, kayakya istilah ini yang bakalan booming dan bajunya pun bakalan jadi tren di Lebaran 2018 ini. Yakin dah. Bahkan mungkin nanti bakalan ada yang mengadaptasi corak kostum Dora Milaje untuk dijadikan Kaftan. Kaftan Okoye atau Kaftan Dora Milaje seems OK. Just wait and see.

Di film ini setiap orang wakanda ditanyain "who are you?" pasti jawabannya selalu nyebutin nama dan anak siapa. Misalnya "I am king T'challa son of king T'chaka". Artinya dia gak malu sama nama orangtuanya. Di wakanda kayaknya gak ada yang olok-olokan nama orang tua kali ya? Kalo ada, pasti di sekolahan bakal banyak yang ngolokin nama ortu :

"T'chaka! T'chaka! T'chaka! T'chaka!" sambil keprok-keprok tangan. terus T'challa jaman SD nangis di pojokan sambil bilang "awas lu.. gue aduin bapak gue, lu.. bener lu.. awas lu...hu hu hu".

Eh iya, kalian kalo nonton film (khususnya marvel) nunggu sampe abis gak? sampe layar bener2 item. Gue iya. Nah waktu gue nonton film Thor, di akhir kan Asgard hancur tuh, dan orang-orang Asgard lagi nyari tempat di bumi untuk tempat tinggal. Kenapa gak lobby King T'Challa untuk ijin tinggal di Wakanda aja ya? Atau mungkin emang kayak gitu? coba nanti lihat di Infinity War. Kali aja ada bocorannya.

Gak berfaedah ya? Bye!




Posted on
Monday, February 26
Subscribe
Follow responses trough RSS 2.0 feed.

One Comment to “I love you, Dora Milaje”